Perancangan Aplikasi Android Pendaftaran Donor Darah Di RSUD Besemah Kota Pagar Alam

Authors

  • Yusi Nurmala Sari STMIK Lembah Dempo

Keywords:

teknologi, smartphone, android, linux

Abstract

Teknologi informasi berperan penting dalam memperbaiki kualitas suatu Instansi. Penggunaanya tidak hanya sebagai proses otomatisasi terhadap akses informasi, tetapi juga menciptakan akurasi, kecepatan, dan kelengkapan sebuah sistem yang terintegrasi, sehingga proses organisasi yang terjadi akan efesien, terukur, serta fleksibel. Salah satu bentuk perkembangan IT adalah dengan adanya smartphone atau yang biasa disebut telepon pintar. Kelebihan dari smartphone memudahkan pengguna untuk update beragam informasi melalui smartphone atau telepon pintar. Smartphone memberikan berbagai macam kemudahan bagi manusia salah satunya dengan banyaknya aplikasi yang ada pada telepon pintar. Android merupakan salah satu sistem operasi yang digunakan pada smartphone, sistem operasi android paling banyak dipakai di berbagai merk smartphone. Android merupakan sistem operasi berbasis linux yang menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi sendiri. Hal ini membuka kesempatan bagi berbagai instansi untuk meningkatkan kinerjanya, begitu juga pada RSUD Besemah kota Pagar Alam khususnya pada unit BANK Darah.

 

Available online at 01/04/2019

References

Abdul, Kadir. 2013. “Pemrograman Aplikasi Android”. Yogyakarta: Andi.

Ariyanto, 2015: 95. ”Android Programing With Eclips”. Yogyakarta : Andi.

Asteria, Hengky et al. 2017. “Rancang Bangun Layanan Jemput Darah Berbasis Android”. Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (JUSTIN) Vol. 1, No. 1

Castaka Agus S. & Teguh Muhammad Z. Februari 2017. “Rancang Bangun Aplikasi Donor Darah Berbasis Mobile di PMI Kabupaten Bandung”. Jurnal Ilmiah Manajemen Informatika dan Komputer. Vol. 01, No.01. hal 11-18.

Muharto, 2016:105. “Metode Penelitian Sitem Informasi”, Yogyakarta: Deepublish.

Novia R & Sulistiyanto Huda. 2016. “Aplikasi Info Unit Transfusi Darah PMI Kabupaten Probolinggo Berbasis Android”. Volume 8.

Nugroho, Adi. 2014. “Rekayasa Perangkat Lunak Menggunakan UML dan JAVA”. Andi.

Nugroho, Bunafit. 2013. “PHP & mySQL Dengan Editor Dreamweaver MX”. Andi.

PMI Indonesia, 2016. “Manual PMR Donor Darah Sukarela” Palang Merah Indonesia Pusat Vol. 1, hal. 7.

Setiawan, Yudha C. 2015. Membangun Database Client-Server menggunakan Interbase. Yogyakarta: Andi.

Downloads

Published

2019-05-08