Aplikasi Edukasi Kopi Bagi Penggemar Kopi Di Kota Pagar Alam Berbasis Android

Authors

  • Kusinta Yusmiarti Universitas Lembah Dempo
  • Welly Fransiska Universitas Lembah Dempo
  • Riri Sesiati Universitas Lembah Dempo

Keywords:

Edukasi Kopi, Android, Aplikasi, Metode R&D

Abstract

Indonesia adalah Negara yang memiliki banyak kekayaan atas sumber daya alam yang melimpah. Kekayan sumber alam tersebut terdiri dari sumber daya air,sumber daya lahan, sumber daya hutan, sumber daya laut, maupun beranekaragam hayati lainnya dan sala satunya kopi. Kopi memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia , tidak dapat hanya dapat menghasilkan rasa kantuk,namun kafein yang terdapat dalam kopi juga mampu mencegah kepikunan. Selain itu juga zat anti oksida yang ada dalam kopi dapat meminimalisir potensi pandangan terhadap sel otak. Maka dari itu penulis tertarik mengakat penelitiannya tentang kopi , dan bisa menabah wawasan tentang kopi bahkan ada banyak resep yang berbeda dengan menggunakan berbagai macam sehingga dapat memunculkan hasil dari kopi yang berbeda dari tiap resep yang ada . Peneliti menggunakan metode R &D ( Research and Development ). Metode R&D (Research and Development) memiliki 10 tahapan yakni Potensi Masalah, Pengumpulan Informasi, Desain Produk, Validasi Produk, Perbaikan Desain, Ujicoba Produk, Revisi Produk, Ujicoba Pemakaian, Revisi Produk, Pembuatan Produk Masal .

References

M. N. Nadziroh, “Peran Sektor Pertanian Dalam Pertumbuhan Ekonomi Di Kabupaten Magetan,” Jurnal

Agristan, Vol. 2, No. 1, Pp. 52–60, 2020, Doi: 10.37058/Ja.V2i1.2348.

S. Harum, “Analisis Produksi Kopi Di Indonesia Tahun 2015-2020 Menggunakan Metode Cobb-Douglass,”

Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan, Vol. 1, No. 2, Pp. 102– 109, 2022, [Online]. Available:

Https://Stiemmamuju.E-Journal.Id/Gjiep/Article/View/107 “433660-None-20ab78ab”.

I. Irmeilyana, N. Ngudiantoro, And S. I. Maiyanti, “Socialization Of Sustainable Pagar Alam Coffee Farming

Using Herbicide Reductors,” Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang,

Vol. 7, No. 2, Pp. 309–318, May 2022, Doi: 10.26905/Abdimas.V7i2.6372. “102-111_Penentuan

Lama Sangrai Kopi Berdasarkan Variasi Derajat (1)”. “2012-1-01283-Ds Bab2001 (1)”.

M. Dedi Irawan And A. Hariandy Harahap, “Mobile App Education Gangguan Pencernaan Manusia Berbasis

Multimedia Menggunakan Adobe Animate Cc,” Jurnal Teknologi Informasi, Vol. 3, No. 2,

“Android Artikel”.

Prof. Dr. Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Kuantitaif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta.Cv, 2012.

I. Gusti Et Al., “Pemanfaatan Aplikasi Coreldraw Sebagai Media Pembelajaran Pada Kuliah Desain

Komunikasi Visual Prodi Pendidikan Seni Rupa Undiksha,” Jurnal Pendidikan Seni Rupa Undiksha,

Vol. 12, No. 2, Pp. 115–128, 2022, [Online]. Available:

Https://Ejournal.Undiksha.Ac.Id/Index.Php/Jjpsp/Index

R. Rosaly, A. Prasetyo, And M. Kom, “Pengertian Flowchart Beserta Fungsi Dan Simbol- Simbol Flowchart

Yang Paling Umum Digunakan.”

Kusnita Yusmiarti, M. T. (2023). Aplikasi Game Edukasi Tajwid Berbasis Android. Tajwid Educational Game

Application Based On Android, 1-7

Downloads

Published

2024-08-15