WEBQUAL ANALISA UNTUK PENGUKURAN WEBSITE PERGURUAN TINGGI DI BATURAJA

Authors

  • Nia Andriani Program Pascasarjana, Universitas Bina Darma
  • Widya Cholil Program Pascasarjana, Universitas Bina Darma
  • Syahril Rizal Program Pascasarjana, Universitas Bina Darma

Keywords:

Perguruan Tinggi, Baturaja, Website, Webqual

Abstract

Website adalah salah satu fasilitas layanan yang dimiliki oleh dunia pendidikan sebagai media informasi berbasis online. Dari 7 perguruan tinggi yang berada di Baturaja Sumatera Selatan hanya 5 yang memiliki media website sebagai media informasi bagi pengguna. Kelima website tersebut belum dilakukan analisis atau pengukuran kualitas layanan bagi penggunanya. Untuk perlu dilakukan evaluasi guna mengetahui kepuasan pengguna waktu mengunjungi situs web bagi penggunanya, sehingga memberikan gambaran perbaikan bagi setiap perguruan tinggi agar website lebih tepat guna. Pengukuran dilakukan dengan menggunakan metode Webqual dengan 3 dimensi yaitu Kegunaan, Kualitas informasi dan kualitas interaksi. Dengan hasil evaluasi yang ada, perlunya perbaikan untuk layanan website Perguruan Tinggi di Baturaja supaya layanan bisa memberikan informasi yang sesuai dengan kegunaan layanan, dan mahasiswa bisa mendapatkan pengalaman yang positif serta bisa menghasilkan sebuah website dengan format yang sesuai dengan kebutuhan mahasiswa sebagai pengguna website.

References

[1] Getut Pramesti, 2016, Statistika Lengkap Secara Teori dan Aplikasi dengan SPSS 23, PT. Alex Media Koputindo, Jakarta.
[2] Singgih Santoso, 2016, Panduan Lengkap SPSS Versi 23, PT. Alex Media Komputindo, Jakarta
[3] Karina, T. Y. & Andhyka, Wahyu. 2018. Evaluasi Kualitas Website Simanta PKN Universitas Muhammadiyah Malang dengan Pendekatan Webqual 4.0 dan Analisa IPA. Teknika Engineering and sains Journal, Vol. 2, No. 1, 257-5422.
[4] Manik, A. & Salamah, I. & Susanti, E. 2017. Metode Webqual 4.0 Untuk Evalusai Kualitas Website Politeknik Negeri Sriwijaya. Prosiding SNATIF.
[5] Nugroho, K. A & Sari, K. P. 2016. Analisis Pengaruh Kualias Website Toko Pedia Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Webqual 4.0. e-Proceeding of Management, Vol. 3, No. 3, 2930.
[6] Syaifulla & Soemantri, O.D. 2016. Pengukuran Kualitas Websit Menggunakan Metode Webqual 4.0. Jurnal Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi, Vo. 2, No. 1, 2502-8995.
[7] Siti Monalisa, 2016. Analisis Kualitas Layanan Website Terhadap Kepuasan Mahasiswa dengan Penerapan Metode Webual. Jurnal Sains Teknologi dan Industri, Vol. 13, No. 2.
[8] Warjiyono & Hellyana, M. C. 2018. Pengukuran Kualitas Website Pemerintah Desa Jagalempeni Menggunakan Metode Webqual 4.0. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, Vol. 5, No. 2, 2355-7669.
SISKOMTI AGUSTUS 2020

Downloads

Published

2020-08-19