MEMBANGUN ALAT PENDETEKSI KETINGGIAN AIR MENGGUNAKAN ARDUINO UNO

Authors

  • Haris Saputro Program Studi Teknik Informatika, Universitas Mahakarya Baturaja

Keywords:

Microcontroler, Peringatan dini banjir, Arduino IDE, Arduino UNO, Water Sensor, Buzzer

Abstract

Di daerah tempat Pasar atas Jl. Kapten syahrial merupakan daerah padat akan penduduk dan didaerah tersebut terdapat aliran sungai yang sering mengalami akan banjir ababila intensitas hujan tinggi. Dalam pembangunan sentuhan teknologi alat pendeteksi banjir yang saya buat menggunakan system Arduino memberikan informasi atau peringatan dini banjir kepada warga tersebut akan ketinggian debit air.

Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, refrensi dan obserfasi. Penelitian ini meliputi masalah, hambatan dan fasilitas berita yang memudahkan mengurangi kerugian warga sekitar daerah tersebut.

Penelitian ini menghasilkan sebuah alat Mikrocontroller alat pendeteksi banjir menggunakan Arduino Uno yang dibuat untuk mempermudah warga apabila akan terjadi banjir.

References

Kadir, A. 2013. Panduan Praktis Mempelajari Aplikasi Mikrokontroler dan Pemrogramanya Menggunakan Arduino. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Kadir, A. 2015. Buku Pintar Pemrograman Arduino. Yogyakarta: Mediakom.

Antinus, M. (2015), Makalah Laporan Panduan Arduino IDE. Diakses tanggal 28 Oktober 2020 Pukul 11.30 WIB dari Error! Hyperlink reference not valid..

Sukma, Dwi. (2018), Laporan Pratikum Dasar Resistor. Diakses tanggal 01 November 2020 Pukul 13.05 WIB dari https://www.academia.edu/11678175/Laporan_Praktikum_Fisika_Dasar_-_Resistor.
SISKOMTI AGUSTUS 2020

Downloads

Published

2020-08-19