Perancangan Sistem Informasi Anggaran pada STIE Lembah Dempo Pagar Alam

Authors

  • Yesita Astarina Astarina STMIK Lembah Dempo

Keywords:

Perancangan, Sistem Informasi, Anggaran

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang sebuah sistem informasi anggaran pada STIE Lembah Dempo guna mendukung kinerja dan tugas pengelolaan anggaran perguruan tinggi. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian adalah melalui studi pustaka dan studi lapangan yang dilakukan melalui wawancara dan analisis dokumen. Dalam perancangan sistem informasi, metode yang digunakan adalah metode perancangan berorientasi objek dengan menggunakan bahasa pemrograman Microsoft Visual Basic.Net 2008 dan Microsoft SQL Server 2008. Perancangan dokumen menggunakan notasi UML yang berorientasi objek dengan menggunakan Microsoft Visio 2007. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sistem informasi anggaran dapat membantu mengatasi kesulitan dalam menyajikan data secara cepat dan akurat mengenai pendapatan dan pengeluaran dana. Disamping itu, sistem yang terkomputerisasi dan terintegrasi dapat mempermudah pegawai dalam melakukan penganggaran, sehingga manajemen dapat menghindari over budget dan dapat membantu dalam pengambilan keputusan yang akurat.

References

Heri, R. Zauhar and F. Samopa, “Pengembangan Sistem Informasi Akuntansi Dan Pengelolaan Keuangan Modul Penganggaran Berbasis Web Menggunakan Teknologi Java Dan Postgresql,” Jurnal Teknik ITS, vol. 1, no. 1, pp. 417-420, 2012.
Leinwand, P. dan Mainardi, C. 2010. Budget Time: An Opportunity to Reinforce Corporate Strategy. Corporate Finance Review, New York. Vol. 15. Iss. 3. Retrieved from Proquest.
Mathiassen, L., A. Munk-Madsen, Peter A. Nielsen, dan Jan Stage. 2000. Object Oriented Analysis and Design. Denmark: Makro Publishing ApS.
Mulyadi. 2002. Akuntansi Manajemen: Konsep, Manfaat, Dan Rekayasa. Edisi 2. Yogyakarta: Bagian Penerbitan SekolahTinggi Ilmu Ekonomi YKPN.
Nafarin, M. 2000. Penganggaran Perusahaan. Edisi 1. Jakarta: Salemba Empat.
Novia, Wasfriyani. 2016. “Sistem Informasi Keuangan pada Perguruan Tinggi Widya Dharma Palembang Berbasis Web.” Jurnal Widya Dharma, 2016.
O’Brein, James A. 2005. Pengantar Sistem Informasi Perspektif Bisnins dan Mangerial. Jakarta: Salemba Empat.
Putra, Darma. 2010. Pengolahan Citra Digital. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Santi, Rina Candra Noor dan Heribertus Yulianton. 2016. “Model Sistem Manajemen Keuangan Terencana Bagi Start-Up Bisnis UMKM Berbasis Web.” Prosiding Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu dan Call For Papers UNISBANK (SENDI_U) Ke-2 Tahun 2016.
Sudana, Oka. 2007. “Sistem Informasi Manajemen Inventori pada Perusahaan Layanan Jasa Boga Pesawat Udara.” Teknologi Elektro, Vol. 6 No. 1 Januari-Juni 2007.
Sundaja, Arta M., Herlin Tundjung, dan Irene Puspita. 2011. “Sistem Informasi Budgeting untuk Perguruan Tinggi”. Seminar Nasional Informatika 2011 (semnasIF 2011). UPN Veteran Yogyakarta, 2 Juli 2011.
Syahiduzzaman, M. A. Yaqin dan N. Misbah, 2015. “Sistem Informasi Keuangan Sesuai Standar BAN-PT Terintegrasi Sisfo Kampus 4.1, 2015.

Downloads

Published

2019-05-08