Pengaruh Brand Awareness dan Harga Terhadap Keputusan Mahasiswa STIE Rahmaniyah dalam Memilih Smartphone Merek Xiaomi
DOI:
https://doi.org/10.54342/itbis-e.v9i2.46Keywords:
brand awareness, harga, pilihan konsumenAbstract
Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen tidak lepas dari faktor marketing mix. Penelitian ini dilakukan di STIE Rahmaniyah Sekayu dengan responden sebanyak 90 mahasiswa yang ditentukan dengan menggunakan simple random sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dan kuesioner serta observasi. Analisis regresi logistik digunakan untuk menerangkan hubungan variabel dependen dengan variabel independen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan variable independen yang terdiri dari brand awareness dan harga berpengaruh terhadap variabel dependen yaitu keputusan mahasiswa memilih smartphone merek Xiaomi dan bukan merek Xiaomi. Sedangkan secara parsial variable brand awareness dan harga secara parsial mempengaruhi pilihan mahasiswa dalam menggunakan smartphone merek Xiaomi dan bukan merek Xiaomi.
References
Fandy Tjiptono, dkk. 2007. Pemasaran Strategik. Penerbit Andi: Yogyakarta
Febrian Andrologi. 2014. Analisis Pengaruh Brand Image dan Brand Awareness Terhadap Brand Loyality dan Dampaknya Terhadap Brand Equity. Fakultas Ekonomika dan Bisnis Univ. Diponegoro. Skripsi
Greene, W. H. 2002 Econometric Analysis, 5th ed. Englewwod Cliffs, NJ: Prentice Hall
Hermawan Kartajaya. 2010. The Official MIM Academy Coursebook: Brand Operation. Erlangga: Jakarta
Rifqi Husni, Ahmad. 2010. Analisis Pengaruh Brand Awareness Terhadap Brand Attitude Handphone Merek Nokia (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi S1 Universitas Diponegoro). Skripsi.
Sugiono, 2009. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Ujang Sumarwan, 2011. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Ghalia Indonesia: Bogor