Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian ( Studi Kasus Pada Produk Semen Baturaja di Kota Pagar Alam )

Authors

  • Dr. Sastra Mico Dosen Tetap STIE Lembah Dempo
  • Dr. Elvera S.E., M.Sc Dosen Tetap STIE Lembah Dempo
  • Yulia Misrania Dosen Tetap STIE Lembah Dempo

DOI:

https://doi.org/10.54342/itbis-e.v9i2.45

Keywords:

Ekuitas Merek, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitiaan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari Ekuitas Merek terhadap Keputusan Pembelian pada produk semen Baturaja di Kota Pagar Alam. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode kepustakaan, penelitian lapangan, wawancara, observasi, dan kuesioner. Metode analisis yang digunakan dalam menganalisis permasalahan yang ditemukan menggunakan metode analisis kuantitatif dengan menganalisis data yang terkumpul dari wawancara, kuesioner, dan lain-lain. Berdasarkan hasil pengolahan data, diperoleh hasil bahwa variabel Ekuitas Merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada produk semen Baturaja di Kota Pagar Alam dengan kontribusi sebesar 24,1% sedangkan sisanya 75,9% dipengaruhi oleh faktor lain diluar yang diteliti. Diperoleh nilai R sebesar 0,491 hal ini menunjukkan bahwa terjadi hubungan yang sedang antara variabel Ekuitas Merek terhadap Keputusan Pembelian produk semen Baturaja di Kota Pagar Alam. Adapun faktor dilapangan sehingga Ekuitas Merek Berpengaruh positif signifikan terhadap Keputusan Pembelian produk semen Baturaja di Kota Pagar Alam adalah disebabkan oleh nama besar semen Baturaja dibenak masyarakat Kota Pagar Alam, dan juga anggpan masyarakat Kota Pagar Alam itu sendiri mengenai kualitas dari Produk semen Baturaja. Untuk memperbaiki kinerja, penulis menyarankan untuk lebih bersikap demokrasi dan lebih meningkatkan motivasi yang ada dan bertindak lebih transparan dalam berbagai bidang.

 

Author Biographies

Dr. Sastra Mico, Dosen Tetap STIE Lembah Dempo

Dr. Sastra Mico, S.E., M.Si

Dr. Elvera S.E., M.Sc, Dosen Tetap STIE Lembah Dempo

Dr. Elvera, S.E., M.Sc

Yulia Misrania, Dosen Tetap STIE Lembah Dempo

Yulia Misrania, S.E., M.Si.

References

A.Aaker, David. 2018. Manajemen Ekuitas Merek. Jakarta : Penerbit Mitra Utama.
Alfionita, Suharyono & Yulianto. 2016. Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Pembeli Oppo Smartphone di Counter Handphone MATOS). Jurnal Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya, Malang.
Baturaja, Semen. Profil Perusahaan. Diambil pada tanggal 10 Mei 2019 dari https://semenbaturaja.co.id.
Echdar, Saban. 2017. Metode Penelitian Manajemen dan Bisnis. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS.
Edisi Kedelapan. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponogoro.
Hamidi, Arifin & Wilopo. 2014. Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen Sepeda Motor Merek Honda di Dealer PT. Nusantara Surya Sakti, Malang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, Universitas Brawijaya, Malang.
Hidayah, Nur & Rianto. 2016. Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Produk Kapal Api White Coffee di Kabupaten Brebes. Jurnal Bisnis dan Manajemen (JBIMA), Universitas Peradaban, Brebes.
Khoiriah. 2015. Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Rumah Tangga Merek Tupperware di Pekanbaru. Jurnal Fakultas Ekonomi, Universitas Riau, Pekanbaru.
Kotler, Philip & Keller Lane Kevin. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi Ketigabelas. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Pratiwi, Suharyono & Hidayat. 2013. Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Parfum Axe (Survei Pada Pria Pengguna Parfum Axe di Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, Universitas Brawijaya, Malang.
Sari, Novita. 2015. Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung Galaxy (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Diploma III Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi). Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jambi, Jambi.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Suharyani, Komang. 2015. Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Minuman Teh Botol Sosro Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Undiksha 2015. Jurnal Jurusan Pendidikan Ekonomi, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja.
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Lembah Dempo Pagar Alam. 2018. Buku Pedoman Penulisan Penelitian. Pagar Alam: STIE-AMIK Lembah Dempo.
Sumarwan, Ujang. 2015. Perilaku Konsumen. Edisi Kedua. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.
Tjiptono, Fandy. 2016. Pemasaran Esensi & Aplikasi. Edisi Pertama. Yogyakarta: Penerbit ANDI.
Vol 9 No 2-2019 Juli

Downloads

Published

2019-07-23

How to Cite

Mico, D. S., S.E., M.Sc, D. E., & Misrania, Y. (2019). Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian ( Studi Kasus Pada Produk Semen Baturaja di Kota Pagar Alam ). Ekonomia, 9(2), 1–12. https://doi.org/10.54342/itbis-e.v9i2.45

Issue

Section

Articles