PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA PAUD TK BUNAYA

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA PAUD TK BUNAYA

Penulis

  • Muhammad Junius Effendi AMIK Lembah Dempo
  • Kusnita Yusmiarti Dosen Prodi Manajemen Informatika, ITBis Lembah Dempo

Kata Kunci:

MDLC, pembelajaran interkatif, multimedia

Abstrak

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang sangat pesat mendorong diciptakannya berbagai inovasi di segala bidang termasuk dalam bidang pendidikan. Media pembelajaran yang hanya menyajikan komunikasi satu arah, dapat dimodifikasi menjadi media pembelajaran dua arah yang disebut dengan media pembelajaran interaktif. Pembelajaran interaktif ini dimaksudkan untuk mempermudah peserta didik dalam memahami pembelajaran pendidikan agama islam pada materi salat  yang akan dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk merancang pembelajaran interaktif berbasis multimedia yang akan bermanfaat untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik tentang materi salat. Metode penelitian menggunakan model pengembangan Multimedia Development Life Cycle (MDLC) memiliki 6 (enam) tahapan yakni Concept, Design, Material Collecting, Assembly, Testing, dan Distribution. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran interaktif berbasis multimedia yang dirancang secara menarik akan membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar peserta didik, membantu peserta didik meningkatkan pemahaman materi pembelajaran serta menumbuhkan kreativitas belajar sehingga akan berdampak pada peningkatan kualitas pembelajaran. Media Pembelajaran interaktif berbasis multimedia ini juga membantu para guru dalam proses mengajar peserta didiknya. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah media pembelajaran interaktif pendidikan agama islam materi salat yang dibuat menggunakan Adobe flash cs 6.

Diterbitkan

2022-01-31

Terbitan

Bagian

Articles