PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA PAUD TK BUNAYA
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA PAUD TK BUNAYA
Kata Kunci:
MDLC, pembelajaran interkatif, multimediaAbstrak
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang sangat pesat mendorong diciptakannya berbagai inovasi di segala bidang termasuk dalam bidang pendidikan. Media pembelajaran yang hanya menyajikan komunikasi satu arah, dapat dimodifikasi menjadi media pembelajaran dua arah yang disebut dengan media pembelajaran interaktif. Pembelajaran interaktif ini dimaksudkan untuk mempermudah peserta didik dalam memahami pembelajaran pendidikan agama islam pada materi salat yang akan dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk merancang pembelajaran interaktif berbasis multimedia yang akan bermanfaat untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik tentang materi salat. Metode penelitian menggunakan model pengembangan Multimedia Development Life Cycle (MDLC) memiliki 6 (enam) tahapan yakni Concept, Design, Material Collecting, Assembly, Testing, dan Distribution. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran interaktif berbasis multimedia yang dirancang secara menarik akan membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar peserta didik, membantu peserta didik meningkatkan pemahaman materi pembelajaran serta menumbuhkan kreativitas belajar sehingga akan berdampak pada peningkatan kualitas pembelajaran. Media Pembelajaran interaktif berbasis multimedia ini juga membantu para guru dalam proses mengajar peserta didiknya. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah media pembelajaran interaktif pendidikan agama islam materi salat yang dibuat menggunakan Adobe flash cs 6.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Jurnal Informatika Lembah Dempo