Aplikasi Sandi Angka, Sandi AZ, Dan Sandi Morse Pada SMP Negeri 1 Suka Merindu
DOI:
https://doi.org/10.54342/cn1te304Keywords:
Kata sandi, Sandi AZ, Sandi Morse, Android, R&DAbstract
Kegiatan ekstrakulikuler merupakan bagian dari pendidikan non formal. Salah satunya adalah kegiatan Pramuka. Kegiatan Pramuka adalah bagian dari Unit Kegiatan Siswa yang ada di SMP Negeri 1 Suka Merindu. Untuk Kegiatan Pramuka mempelajari tentang Materi Kepramukaan Contohnya Sandi-sandi (sandi Morse, sandi Angka, sandi AZ, dll) Yang masih dilakukan secara manual menggunakan media papan tulis dan siswa harus menulis ulang materi tersebut. Perkembangan teknologi yang sangat pesat merupakan suatu alternatif murah dan efisien untuk menggunakan android, karena sangat lumrah oleh semua kalangan. Sandi angka adalah Sandi Dengan menggunakan kode angka sebagai pengganti dari huruf. Teknis membaca Sandi angka adalah huruf A=1. Sandi AZ Merupakan Sandi yang mana Sandi AZ menggantikan huruf Dengan huruf lainnya, Dengan kunci A=Z dimana huruf A diganti Dengan Z Dan huruf Z diganti Dengan A. Sandi morse merupakan sistem representasi huruf, angka dan tanda baca dengan menggunakan kode titik dan garis. Aplikasi Multimedia yang akan di kembangkan peneliti bertujuan untuk membangun Aplikasi multimedia Sandi Angka, AZ, Dan Morse dan untuk menerapkan metode Research and Development (R&D). Research and Development (R&D) memiliki
10 tahapan yakni Potensi Masalah, Pengumpulan Informasi, Desain Produk, Validasi Produk, Perbaikan Desain, Ujicoba Produk, Revisi Produk, Ujicoba Pemakaian, Revisi Produk, Pembuatan Produk Masal.
References
A. Kristiadi, Ensiklopedia Tematik Keterampilan Pramuka : Sandi dan Semaphore. Surakarta: PT. Borobudur Inspira Nusantara, 2015.
A. Desi, “No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title,” vol. 2, no. 8, pp. 906–911, 2018.
A. Fradila, L. Efriyanti, S. Zakir, and H. A. Musril, “Perancangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Animate Pada Pembelajaran Tik Untuk Kelas Xi Di Sman 4 Pariaman,” Multidisiplin Ilmu, vol. 1, no. 3, pp. 829–835, 2022.
D. Triady, Bedah Tuntas Fitur Android. Yogyakarta: Percetakan Galangpress, 2023.
E. Pramuka and D. Negeri, “Kognisi : Jurnal Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar Penerapan Nilai Karakter Sikap Kepemimpinan Melalui Kegiatan,” vol. 2, no. 1, pp. 26–34, 2022.
H. F. Dalimunthe and P. Simanjuntak, “Aplikasi Pengenalan Perangkat Keras Komputer Berbasis Android Menggunakan Augmented Reality,” Computer and Science Industrial Engineering (COMASIE), vol. 9, no. 2, pp. 24–31, 2023, doi: 10.33884/comasiejournal.v9i2.7624.
I. A. Dianta, Logika dan Algoritma Untuk Merancang Aplikasi Komputer. Semarang: Yayasan Prima Agus Teknik, 2021.
I. Farida Surjadi, Mengenal Gerakan Pramuka. Jakarta Timur: Erlangga Group, 2012.
J. Nasir and Y. L. Setiawan, “Pembinaan keterampilan Desain Grafis Bagi Generasi Muda Di Perumahan Griya Elok Pengambiran Kota Padang,” Society : Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 1, no. 4, pp. 200–208, 2022, doi: 10.55824/jpm.v1i4.126
Kusnita Yusmiarti, M. T. (2023). Aplikasi Game Edukasi Tajwid Berbasis Android. Tajwid Educational Game Application Based On Android , 1-7.
M. Marisa, “Inovasi Kurikulum „Merdeka Belajar‟ di Era Society 5.0,” Santhet: (Jurnal sejarah, Pendidiikan dan Humaniora), vol. 5, no. 1, p. 72, 2021, doi: 10.36526/js.v3i2.e-ISSN.
N. K. Dewi, B. H. Irawan, E. Fitry, and A. S. Putra, “Konsep Aplikasi E-Dakwah Untuk Generasi Milenial Jakarta,” Jurnal IKRA-ITH Informatika, vol. 5, no. 2, pp. 26–33, 2021.
Prof. Dr. Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan PendekatanKuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA, cv., 2012.
R. Donna, A. S. Egok, and R. Febriandi, “Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Powtoon pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar,” Jurnal Basicedu, vol. 5, no. 5,
pp. 3799–3813, 2021, [Online]. Available: https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1382
T. D. Setyawan, Pendidikan Kepramukaan. Purbalingga: Eureka Media Aksara, 2023.
Farida and C. Ma‟ruf, “Thawalib | Jurnal Kependidikan Islam,” Thawalib | Jurnal Kependidikan Islam, vol. 4, no. 1, pp. 45–60, 2022.
Downloads
Published
Versions
- 2025-04-22 (2)
- 2025-04-21 (1)
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Kiki Rizki, Imam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.