Multimedia Interaktif Pengenalan Nama-nama Benda dalam Dua Bahasa
DOI:
https://doi.org/10.54342/vwhn6770Keywords:
Multimedia Interaktif, Media pembelajaran, Bahasa asingAbstract
Pendidikan pada dasarnya merupakan suatu proses pengembangan potensi indivindu, khususnya pendidikan anak usia dini. Melalui pendidikan, potensi yang dimiliki oleh individu akan diubah menjadi kompetensi. Kompetensi mencerminkan kemampuan dan kecakapan individu dalam melakukan suatu tugas atau pekerjaan. Anak usia dini berkisar sekita usia 0-5 tahun yang disebut juga golden age, dimana mereka sangat membutuhkan alat bantu untuk mempermudah memahami materi yang disampaikan. Alat bantu yang dimaksud merupakan media untuk mempermudah guru atau tenaga didik pada taman kanak-kanak dalam menyampaikan sebuah materi pembelajaran. Bentuk media pemberlajaran bisa berupa video, audio, gambar serta animasi. Salah satu media pembelajaran yang digunakan adalah multimedia interaktif. Menggunakan multimedia interaktif akan lebih memudahkan tenaga didik dalam mememberikan materi tentang pengenalan nama benda dalam bahasa inggris, selain itu dengan multimedia interaktif anak usia dini akan lebih tertarik dalam belajar nama-nama benda terutama dalam bahasa asing.
References
R. Rosnawati and T. N. Sari, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Terpadu Model Webbed Melalui Pendekatan Tematik Di TK,” As-Sibyan J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 6, no. 2, pp. 107–116, 2021, [Online]. Available: http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/assibyan/article/view/3658
[2] N. A. Taggiling, “Perancangan Ilustrasi Grafis Media Pembelajaran Pengenalan Nama Buah Dan Hewan Bagi Anak Usia Dini,” J. Imajin., vol. 2, no. 1, pp. 39–50, 2018.
[3] F. Armansyah, S. Sulton, and S. Sulthoni, “Multimedia Interaktif Sebagai Media Visualisasi Dasar-Dasar Animasi,” J. Kaji. Teknol. Pendidik., vol. 2, no. 3, pp. 224–229, 2019, doi: 10.17977/um038v2i32019p224.
[4] M. Mustika, E. P. A. Sugara, and M. Pratiwi, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle,” J. Online Inform., vol. 2, no. 2, p. 121, 2018, doi: 10.15575/join.v2i2.139.
[5] M. (2018) Siregar, H. F., Siregar, Y. H., & Melani, “Perancangan Aplikasi Komik Hadist Berbasis Multimedia. JurTI (Jurnal Teknologi Informasi), 2(2), 113-121.,” JurTI (Jurnal Teknol. Informasi), vol. 2, no. 2, pp. 113–121, 2018, [Online].Available:http://www.jurnal.una.ac.id/index.php/jurti/article/view/425
[6] D. Erlansyah, “Multimedia Interaktif Objek Wisata Di Kota Palembang Dengan Menggunakan Swish Max,” J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2021.
[7] M. R. Apriansyah, “Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Animasi Mata Kuliah Ilmu Bahan Bangunan Di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta.
[8] M Junius Effendi, dkk, " Perancangan Sistem Informasi Penjualan Bubuk Kopi Pada UMKM Lematang Indah Kota Pagar Alam", Vol 5 No 2 (2024): Jurnal Teknologi Sistem Informasi, https://doi.org/10.35957/jtsi.v5i2.8782
[9] J. Kuswanto and F. Radiansah, “Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI,
[10] S. Samsudin, M. D. Irawan, and A. H. Harahap, “Mobile App Education Gangguan Pencernaan Manusia Berbasis Multimedia Menggunakan Adobe Animate Cc,” J. Teknol. Inf., vol. 3, no. 2, p. 141, 2019, doi: 10.36294/jurti.v3i2.1009.
[11] K. Yusmiarti and M. Triawan, “Animasi Pembelajaran Pada Smp Pgri Kota Pagaralam Berbasis Adobe Flash Cs6,” J. Inform. Lembah Dempo, vol. 7, no. 2, pp. 25–37, 2019.
[12] Aswir and H. Misbah, “” Photosynthetica, vol. 2, no. 1, pp. 1–13, 2018, [Online]. Available: http://link.springer.com/10.1007/978-3-319-76887-
[13] Muhammad Junius Effendi and Welly Fransiska, " Sistem Informasi Penjualan Sparepart Di Bengkel Karisma Motor Berbasis Web", Vol 6 No 1 (2024): Jurnal Ilmiah Binary STMIK Bina Nusantara Jaya, https://doi.org/10.52303/jb.v6i1.139
[14] F. Nurwulan, “Perancangan Sistem Informasi Pengelolaan Pensiun Pada PT PLN (PERSERO) Distribusi Jawa Barat,” J. Ilm. Manaj. Inform., vol. 12, no. 1, pp. 22–29, 2020.
[15] L. Rahmadi and M. Triawan, “Game ‘ Quiz Besemah ’ Sebagai Media Untuk Memperkenalkan Budaya Kota Pagar Alam,” vol. 3, no. 3, pp. 673–685, 2021
Downloads
Published
Versions
- 2025-04-21 (3)
- 2025-04-21 (2)
- 2025-04-21 (1)
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 junius, welly, david

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.