Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran TIK pada MTs Negeri 1 Kota Pagar Alam
DOI:
https://doi.org/10.54342/8a6zqt63Keywords:
Multimedia Interaktif, Media Pembelajaran TIK, Adobe Animate, MDLC, BlackboxAbstract
Tujuan penelitian ini adalah Untuk membangun multimedia interaktif dalam pembelajaran TIK pada MTs Negeri 1 Kota Pagar Alam. Dalam teknik pengumpulan data, penulis menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Sementara itu, dalam pengembangan sistem penulis menggunakan Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Media pembelajaran yang dibuat menggunakan Adobe Animate CC 2021 dan asetnya menggunakan Adobe Photoshop, untuk aset audio menggunakan Adobe Audiotion CC2021.Media Pembelajaran yang telah dibuat dengan menggunakan metode pengujian blackbox dan dinilai oleh dosen ahlinya. Penelitian ini menghasilkan sebuah media pembelajaran dalam bentuk Multimedia Interaktif yang memudahkan guru dalam penyampaian materi pelajaran TIK pada MTs Negeri 1 Kota Pagar Alam”. .References
A. Maritsa, u. Hanifah salsabila, m. Wafiq, p. Rahma anindya, dan m. Azhar ma’shum, “pengaruh teknologi dalam dunia pendidikan,” al-mutharahah j. Penelit. Dan kaji. Sos. Keagamaan, vol. 18, no. 2, hlm. 91–100, des 2021, doi: 10.46781/al-mutharahah.v18i2.303.
M. Istiqlal, “pengembangan multimedia interaktif dalam pembelajaran matematika,” jipmat, vol. 2, no. 1, jul 2017, doi: 10.26877/jipmat.v2i1.1480.
A. N. Laila dan a. V. R. Pramudyani, “penggunaan media pembelajaran oleh pendidik dalam pembelajaran bdr di kb/tk aba krapyak wetan,” hlm. 5, 2021.
K. Yusmiarti dan m. Triawan, “animasi pembelajaran pada smp pgri kota pagaralam berbasis adobe flash cs6,” hlm. 13.
D. Erlansyah, “multimedia interaktif objek wisata di kota palembang dengan menggunakan swish max,” vol. 7, hlm. 9, 2021.
R. Arpiansah, y. Fernando, dan j. Fakhrurozi, “game edukasi vr pengenalan dan pencegahan virus covid-19 menggunakan metode mdlc untuk anak usia dini,” j. Teknol. Dan sist. Inf., vol. 2, no. 2, hlm. 6.
A. S. Lestari, “pembelajaran multimedia,” vol. 6, no. 2, hlm. 15, 2013.
A. K. Hidayah, l. Sarwanto, dan s. Handayani, “pembuatan animasi pendaftaran siswa baru pada sman 5 kepahiang berbasis multimedia linier,” no. 2, hlm. 6, 1858.
Z. Effendi, “aplikasi multimedia sebagai media informasi pada pengenalan monumen yogya kembali yogyakarta,” vol. 2, hlm. 12, 2014.
N. A. Muhtar, a. Nugraha, dan r. Giyartini, “pedadidaktika: jurnal ilmiah pendidikan guru sekolah dasar,” vol. 7, no. 4, 2020.
I. Darimi, “teknologi informasi dan komunikasi sebagai media pembelajaran pendidikan agama islam efektif,” hlm. 11.
C. Riyana, “implementasi pembelajaran”.
I. S. Prastyo dan h. Hartono, “pengembangan media pembelajaran dengan adobe animate cc pada materi gerak parabola,” phenom. J. Pendidik. Mipa, vol. 10, no. 1, hlm. 25–35, des 2020, doi: 10.21580/phen.2020.10.1.6854.
M. Audhiha, a. Febliza, z. Afdal, z. A. Mz, dan r. Risnawati, “pengembangan multimedia interaktif berbasis adobe animate cc pada materi bangun ruang sekolah dasar/ madrasah ibtidaiyah,” j. Basicedu, vol. 6, no. 1, hlm. 1086–1097, jan 2022, doi: 10.31004/basicedu.v6i1.2170.
R. Swatriani, “analisis hubungan system usability scale dengan deskilling pengguna adobe photoshop cc,” hlm. 13.
E. Astriyani, m. K. Fahram, dan a. A. Pebrianto, “video program hotroom pada bagian lighting informasi pada metro tv,” cices, vol. 6, no. 1, hlm. 33–43, feb 2020, doi: 10.33050/cices.v6i1.875.
R. Nurmalina, “perencanaan dan pengembangan aplikasi absensi mahasiswa menggunakan smart card guna pengembangan kampus cerdas (studi kasus politeknik negeri tanah laut),” hlm. 8.
J. K. M. Nuh, “game ‘quiz besemah’ sebagai media untuk memperkenalkan budaya kota pagar alam,” vol. 3, no. 3, hlm. 13, 2021.
J. Kuswanto dan f. Radiansah, “media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran sistem operasi jaringan kelas xi,” j. Media infotama, vol. 14, no. 1, apr 2018, doi: 10.37676/jmi.v14i1.467.
W. Rahmatullah dan a. Afriyudi, “pengembangan aplikasi sistem pelayanan masyarakat berbasis android (studi kasus?: kecamatan
Payaraman ogan ilir),” j. Pengemb. Sist. Inf. Dan inform., vol. 2, no. 4, hlm. 235–247, nov 2021, doi: 10.47747/jpsii.v2i4.557.
U. Khulsum dan y. Hudiyono, “pengembangan bahan ajar menulis cerpen dengan media storyboard pada siswa kelas x sma,” vol. 1, 2018.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.