Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada CV. Mandiri Catering (MC) Di Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir

Authors

  • Ari Fernandes Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung

DOI:

https://doi.org/10.54342/4t2v8m89

Keywords:

1. STRATEGI PEMASARAN, 2. PENJUALAN

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada Usaha CV. Mandiri Catering di Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilit yang merupakan usaha dibidang catering dan makanan yaitu Nasi Kotak, kue dan Prasmanan dan penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana strategi pemasaran yang diterapkan oleh Mandiri Catering dalam upaya meningkatkan volume penjualan. Sampel pada penelitian ini yaitu pemilik usaha tersebut. Jenis penelitian ini yaitu jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan metode observasi dan wawancara dan di analisis dengan menggunakan analisis SWOT. Ada beberapa faktor-faktor yang mengakibatkan volume penjualan naik turun, namun usaha Mandiri Catering ini memiliki upaya-upaya dalam mengatasi hal tersebut. Dari penelitian ini mendapat hasil bahwa penerapan strategi pemasaran yang dilakukan oleh Mandiri Catering mengunakan metode bauran pemasaran yang mencakup, namun dalam strategi tempat usaha ini belum maksimal karena belum memiliki tempat usaha yang memadai dan mudah dijangkau oleh konsumen. Strategi pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan Mandiri Catering sudah dijalankan dan cukup baik tetapi kurang maksimal dan perlu dievaluasi lagi agar mencapai target penjualan yang ingin dicapai. Indikator yang berpengaruh dalam upaya meningkatkan volume pnejualan pada Mandiri Catering yaitu strategi produk dan strategi promosi.

 

References

Daftar Pustaka

A. Buchari•2018.(2018).AnalisisStrategiPemasaranDalamMeningkatakan Volume Penjualan Produk Pada PT. Proderma Sukses Mandiri.

Afriantoni.(2021).AnalisisStrategiPemasarandalamMeningkatkanVolume Penjualan PADA PT. Unilever Indonesia, Tbk. 5(1), 90–100.

Asmaoen, D. (2012). Peran Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Volume Penjualan Kue Bingka. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/457%0Ahttps://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/download/457/494

Dewi,N.N.F.(2021).Strategi Pemasaran Usaha Kue Chusnul Bakery DiJalan Kedung Asem Surabaya. Jurnal Disrupsi Bisnis, 4(3), 201. https://doi.org/10.32493/drb.v4i3.10385

Effendy,A.A.(2019).Analisis Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume. Penjualan 1(1), 79–95.

Finawati.(2019) Meningkatkan Volume Penjualan Pada Toko Permata Bang Jun Banjar baru. 4.

Hidayah,I.,Ariefiantoro,T.,Nugroho,D.W.P.S.,&Suryawardana,E.(2021). Analisis Strategi Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Kasus Pada Pudanis Di Kaliwungu). Solusi, 19(1), 76–82. https://doi.org/10.26623/slsi.v19i1.3001

Sabila Inka (2022). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Alika Cake & Cookies di Spait Siwalan Pekalongan Jurnal Sahmiyya | P-ISSN : XXXX-XXXX E-ISSN : XXXX-XXXX

Maula,n.(2016).strategi bauran pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan produk sandal perspektif ekonomi islam (Studi Kasus Sandal Bando lNanang Collection di Desa Kebanaran, Kecamatan Purwokerto Barat , Kabupaten Banyumas ). 35

Mulyani.(2019).Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Pada Rumah Makan Bakmi Witosari 2 Purwokerto Timur.

Nurcahyo, F., & Wahyuati, A. (2016). Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Volume Penjualan pada Restauran McDonald’s DeltaPlazaSurabaya.JurnalIlmu Dan Riset Manajemen,5(4). http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/621/632

Silfiana,V.(2020).Strategi pemasaran dalam meningkatkan volume Penjualan Kerupuk Kulit Ikan Nila Pada Umkm Krulila Desa Gunungjaya Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang. Repository.Uinjkt.Ac.Id. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/52371

Wahyu Dwi Indra Ainun Mardiyah,A.,Wahyu Artiningsih,D.,&Wicaksono SKom,

T.(2021).Analisis Strategi Pemasaran Dalam MeningkatkanVolumePenjualan Home Industri “Aura Cake & Cookies” Di Guntung Manggis Banjarbaru. 1.

Wijayanthi, I. A. T., & Dyah, D. M. H. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Pada Café Haagendazs Beachwalk Kuta. Jurnal Stie Semarang 7(April), 48–59. http://jurnal3.stiesemarang.ac.id/index.php/jurnal/article/view/499

Wulandari, Annisa (2023) Newcomb : Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Usaha Industri Rumah Tangga Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Volume 1, No. 1, September 2023, hlm 65-81. Website : https://newcomb.uho.ac.id/index.php/journal ISSN : 3025-3683

Downloads

Published

2025-03-26

How to Cite

Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada CV. Mandiri Catering (MC) Di Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir. (2025). Ekonomia, 15(1), 72-85. https://doi.org/10.54342/4t2v8m89