Pengaruh Konten Marketing, Kepercayaan, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Tiktokshop Pada Gen-Z Skincare “SKINTIFIC”
DOI:
https://doi.org/10.54342/qjygy619Keywords:
Konten marketing , Kepercayaan, Citra merek, Keputusan PembelianAbstract
Peluang bisnis skincare di Indonesia khususnya di kota Surakarta. Menggunakan Teori Interaktivitas, penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh konten marketing, kepercayaan, dan citra merek terhadap keputusan pembelian pada gen-z skincare skintific di Surakarta. Sampel penelitian ini terdiri 100 responden, dengan teknik pengambilan sampel Purposive accidental sampling. Jenis dan sumber data didapat dari sumber data primer. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner yang telah diuji melalui uji validitas dan uji reabilitas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linear berganda. Konten Marketing berpengaruh negative terhadap keputusan pembelian Tiktokshop pada gen-z, sedangkan Kepercayaan dan Citra Merek berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian Tiktokshop pada gen-z. Hasil uji secara parsial, menunjukkan bahwa konten marketing berpengaruh tidak signifikan terhadap keputusan pembelian, kepercayaan dan citra merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Diperoleh nilai R square sebesar 0,734 atau sama dengan 73,4 %.
References
Adilla, P., & Hendratmoko, C. (2023). PENGARUH BRAND IMAGE, HARGA, KUALITAS PRODUK DAN CONTENT MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMEBLIAN BARANG THRIFT MELALUI INSTAGRAM DI SOLO RAYA. Seminar Nasional Pariwisata Dan Kewirausahaan (SNPK), 2, 455–466.
Akbar, B. M., Limantara, S., & Marisa, D. (2020). Hubungan Tingkat Kesejahteraan Spiritual Dengan Tingkat Kecemasan Mahasiswa Dalam Menghadapi Objective Structured Clinical Examination (OSCE). Homeostasis, 3(3), 435–440.
Ali, I., Irdiana, S., & Irwanto, J. (2019). Dampak Brand Image, Brand Equity Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Laptop Asus:(Studi Pada Toko Komputer Lumajang Computer Centre Di Kabupaten Lumajang). Progress Conference, 2(1), 406–413.
Alkharabsheh, O. H. M., & Zhen, B. H. (2021). The Impact of Content Marketing, Social Media Marketing and Online Convenience on Consumer Buying Decision Process. CoMBInES-Conference on Management, Business, Innovation, Education and Social Sciences, 1(1), 1823–1834.
Amri, S. (2023). Pengaruh Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Pasar Almahirah Lamdingin Banda Aceh. 9(4), 1660–1667.
Anggreani, A., Puspita, V., & Markoni, M. (2024). Pengaruh Content Marketing dan Electronic Word of Mouth (E-WoM) pada Media Sosial Tiktok Shop Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Generasi Z Kota Bengkulu. Indo-Fintech Intellectuals: Journal of Economics and Business, 4(3), 725–733. https://doi.org/10.54373/ifijeb.v4i3.1368
Astuti, D., & Salisah, F. N. (2016). Analisis kualitas layanan e-commerce terhadap kepuasan pelanggan menggunakan metode e-servqual (studi kasus: Lejel home shopping pekanbaru). Jurnal Ilmiah Rekayasa Dan Manajemen Sistem Informasi, 2(1), 44–49.
Basuki, A. T., & Prawoto, N. (2015). Analisis Komposisi Pengeluaran Publik Terhadap Pertumbuhan Ekonomi dalam Mendukung Good Governance dalam Memasuki MEA Studi Empiris Provinsi di Indonesia Tahun 2010-2014). Book of Proceedings Published by Universitas Negeri Padang, C, 1–19.
Creswell, J. W. (2002). Desain penelitian. Pendekatan Kualitatif & Kuantitatif, Jakarta: KIK, 2, 121–180.
Ernanda, D., & Sugiyono, S. (2017). Pengaruh Store Atmosphere, Hedonic Motive Dan Service Quality Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 6(10).
Fitriani, R. (2023). Pengaruh Content Marketing Dan Experiential Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus Konsumen di Kecamatan Medan Tembung). Universitas Medan Area.
Gumalang, R. F., & Saerang, D. P. E. (2022). the Influence of Content Marketing, Influencers and Psychological Factors on Brand Awareness of Tiktok Advertising. Arie 128 Jurnal EMBA, 10(4), 128–138.
Huda, I. U. H., Karsudjono, A. J., & Darmawan, R. D. (2024). Pengaruh content marketing dan lifestyle terhadap keputusan pembelian pada usaha kecil menengah di media sosial. Al-Kalam: Jurnal Komunikasi, Bisnis Dan Manajemen, 11(1), 69–81.
Mahardini, S., Singal, V. G., & Hidayat, M. (2023). Pengaruh content marketing dan influencer marketing terhadap keputusan pembelian pada pengguna aplikasi Tik-Tok di Wilayah DKI Jakarta. Ikraith-Ekonomika, 6(1), 180–187.
Morrisan, M. A. (2012). Metode penelitian survei. Kencana.
Mowen, J. C., & Minor, M. (2002). Perilaku konsumen. Jakarta: Erlangga, 90, 16–38.
Nugroho, S. (2015). Manajemen warna dan desain. Penerbit Andi.
Rachmawati, S. D., & Andjarwati, A. L. (2020). Pengaruh Kesadaran Merek dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian. E-Journal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 7(1), 25–29.
Rahmayanti, S., & Dermawan, R. (2023). Pengaruh Live Streaming, Content Marketing, dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian pada TikTok Shop di Surabaya. SEIKO : Journal of Management & Business, 6(1), 337–344. https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i1.2451
Rifqi Suprapto, S. P., & Azizi, M. Z. W. (2020). Buku Ajar Manajemen Pemasaran. Myria Publisher.
Rizki, M., & Kussudyarsana, K. (2023). the Influence of Brand Image, Content Marketing, and Store Trust on Purchase Decisions: Case Study on Tiktok App User Consumers. Komitmen: Jurnal Ilmiah Manajemen, 4(2), 93–105. https://doi.org/10.15575/jim.v4i2.27573
Shadrina, R. N., & Yoestini, Y. (2022). Analisis pengaruh content marketing, influencer, dan media sosial terhadap keputusan pembelian konsumen (Studi pada pengguna Instagram dan Tiktok di Kota Magelang). Diponegoro Journal of Management, 11(2).
Sofia, A., & ULWAN SYAFARUDIN, U. (2023). Interactive Media for Increasing Logical-Mathematical Intelligences in Differentiated Instruction Practice. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6).
Ustadriatul Mukarromah, Mirtan Sasmita, & Lilis Rosmiati. (2022). Pengaruh Konten Marketing dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian dengan Dimediasi Minat Beli pada Pengguna Aplikasi Tokopedia. MASTER: Jurnal Manajemen Strategik Kewirausahaan, 2(1), 73–84. https://doi.org/10.37366/master.v2i1.444
Windi, R., & Tampenawas, J. L. . (2023). Pengaruh Influencer Marketing, Content Marketing Dan Efektivitas Tiktok Affiliate Terhadap Brand Awareness Skincare Hanasui (Study Kasus Pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Universitas Sam Ratulangi Angkatan 2023). Tampenawas 772 Jurnal EMBA, 11(3), 772–784.
Yunita, D., Widad, A., Diah, Y. M., & Farla, W. (2021). Pembuatan content marketing sebagai strategi menumbuhkan brand awareness bagi pelaku usaha di era Pandemi Covid-19. Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services, 2(2), 89–96.
Adilla, P., & Hendratmoko, C. (2023). PENGARUH BRAND IMAGE, HARGA, KUALITAS PRODUK DAN CONTENT MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMEBLIAN BARANG THRIFT MELALUI INSTAGRAM DI SOLO RAYA. Seminar Nasional Pariwisata Dan Kewirausahaan (SNPK), 2, 455–466.
Ali, I., Irdiana, S., & Irwanto, J. (2019). Dampak Brand Image, Brand Equity Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Laptop Asus:(Studi Pada Toko Komputer Lumajang Computer Centre Di Kabupaten Lumajang). Progress Conference, 2(1), 406–413.
Amri, S. (2023). Pengaruh Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Pasar Almahirah Lamdingin Banda Aceh. 9(4), 1660–1667.
Anggreani, A., Puspita, V., & Markoni, M. (2024). Pengaruh Content Marketing dan Electronic Word of Mouth (E-WoM) pada Media Sosial Tiktok Shop Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Generasi Z Kota Bengkulu. Indo-Fintech Intellectuals: Journal of Economics and Business, 4(3), 725–733. https://doi.org/10.54373/ifijeb.v4i3.1368
Aulia, R. N., & Harto, B. (2024). Membangun Keterlibatan Konsumen Melalui Strategi Konten Marketing dalam Live Streaming: Analisis Kualitatif Terhadap Brand yang Berhasil di Shopee. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(2), 5721–5736. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i2.9848
Hermawati, A. (2023). Pengaruh Penanganan Keluhan, Komunikasi Pemasaran dan Kepercayaan terhadap Loyalitas (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Digital, 1(1), 14–28. https://doi.org/10.38035/jmpd.v1i1.18
Huda, I. U. H., Karsudjono, A. J., & Darmawan, R. D. (2024). Pengaruh content marketing dan lifestyle terhadap keputusan pembelian pada usaha kecil menengah di media sosial. Al-Kalam: Jurnal Komunikasi, Bisnis Dan Manajemen, 11(1), 69–81.
Mahardini, S., Singal, V. G., & Hidayat, M. (2023). Pengaruh content marketing dan influencer marketing terhadap keputusan pembelian pada pengguna aplikasi Tik-Tok di Wilayah DKI Jakarta. Ikraith-Ekonomika, 6(1), 180–187.
Putri, P. M., & Marlien, R. . (2022). Pengaruh Digital Marketing terhadap Keputusan Pembelian Online. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 5(1), 25–36. https://doi.org/10.36778/jesya.v5i1.510
Rahmayanti, S., & Dermawan, R. (2023). Pengaruh Live Streaming, Content Marketing, dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian pada TikTok Shop di Surabaya. SEIKO : Journal of Management & Business, 6(1), 337–344. https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i1.2451
Riyanti, R. (2022). Pengaruh Citra Merek, Harga, Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Iphone. Value Added : Majalah Ekonomi Dan Bisnis, 18(1), 1. https://doi.org/10.26714/vameb.v18i1.9625
Rizki, M., & Kussudyarsana, K. (2023). the Influence of Brand Image, Content Marketing, and Store Trust on Purchase Decisions: Case Study on Tiktok App User Consumers. Komitmen: Jurnal Ilmiah Manajemen, 4(2), 93–105. https://doi.org/10.15575/jim.v4i2.27573
Shadrina, R. N., & Yoestini, Y. (2022). Analisis pengaruh content marketing, influencer, dan media sosial terhadap keputusan pembelian konsumen (Studi pada pengguna Instagram dan Tiktok di Kota Magelang). Diponegoro Journal of Management, 11(2).
Ustadriatul Mukarromah, Mirtan Sasmita, & Lilis Rosmiati. (2022). Pengaruh Konten Marketing dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian dengan Dimediasi Minat Beli pada Pengguna Aplikasi Tokopedia. MASTER: Jurnal Manajemen Strategik Kewirausahaan, 2(1), 73–84. https://doi.org/10.37366/master.v2i1.444
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nani Irma Susanti, Alfiani Puspita Sari, Sumaryanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.