PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KEPUASAN KERJA PEGAWAI KANTOR CAMAT DEMPO TENGAH KOTA PAGAR ALAM

Authors

  • Yesita Astarina STIE Lembah Dempo
  • Ahmad Feriyansyah STIE Lembah Dempo
  • Deki Fujiansyah STIE Lembah Dempo

DOI:

https://doi.org/10.54342/itbis-e.v10i2.94

Keywords:

gaya kepemimpinan, kepuasan kerja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kepuasan kerja pegawai. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian asosiatif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh pegawai Kantor Camat Dempo Tengah Kota Pagar Alam berjumlah 30 Orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampling jenuh, sehingga semua populasi dijadikan sampel penelitian yaitu 30 orang. Teknik analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif dan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja pegawai. Perilaku pemimpin merupakan salah satu faktor penting yang dapat mempengaruhi kepuasan kerja. Sehingga apabila pemimpin mampu menggunakan gaya kepemimpinan dengan baik, maka dapat meningkatkan kepuasan kerja pegawai. Nilai koefisien determinasi diperoleh sebesar 0,552 atau 55,2% artinya variabel kepuasan kerja (Y) dijelaskan sebesar 55,2% oleh variabel gaya kepemimpinan (X), sedangkan sisanya sebesar 44,8% dijelaskan oleh variabel lain atau variabel independen di luar penelitian ini.

References

Dewi, Ni Ketut Sisca. 2007. Hubungan Kepemimpinan dan Kesejahteraan terhadap Disiplin Kerja Karyawan pada PT. Caputra Bumi Bahari Denpasar. Jurnal manajemen dan Bisnis. Vol. 2, No. 4, Hal. 67-77.
Hasibuan, Malayu SP. 2013. Manajemen Sumber DayaManusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Mangkunegara, Anwar Prabu. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nafisah, Durrotun. 2005. “Analisis Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasi dan Kinerja Karyawan”, Management, Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.
Prayatna, A. H., & Subudi, I. M. 2016. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Stres Kerja dan Kepuasan Kerja Karyawan Pada Fave Hotel Seminyak. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 5(2).
Priansa, Donni Juni. 2014. Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta.
Rivandy, Harif, A. 2001. Pengaruh Kepuasan Gaji, Kepuasan Kerja, dan Komitmen Organisasional Terhadap Intensi Keluar. Tesis, Universitas Gajah Mada Yogyakarta.
Saleem, Hina. 2015. “The Impact of Leadership Styles on Job Satisfaction and Mediating Role of Perceived Organizational Politics.” Procedia Social and Behavioral Sciences. 172. 563-569.
Soekarso, Iskandar Putong. 2015. Kepemimpinan Kajian Teoritis dan Praktis. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sutrisno, Edy. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana.
Sutrisno, Edy. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan Keenam. Jakarta: Pranada Media Group.
Wibowo. 2012. Manajemen Kinerja. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2020-07-15

How to Cite

Astarina, Y., Feriyansyah, A., & Fujiansyah, D. (2020). PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KEPUASAN KERJA PEGAWAI KANTOR CAMAT DEMPO TENGAH KOTA PAGAR ALAM. Ekonomia, 10(2), 18–28. https://doi.org/10.54342/itbis-e.v10i2.94

Issue

Section

Articles