HUBUNGAN PELAYANAN DENGAN KEPUASAN KONSUMEN PADA RUMAH SAKIT DAERAH BESEMAH KOTA PAGARALAM

Authors

  • Ruaman Yudianto STIE Lembah Dempo
  • Ahmad Feriyansyah STIE Lembah Dempo
  • sastra mico STIE Lembah Dempo

DOI:

https://doi.org/10.54342/itbis-e.v10i1.90

Keywords:

Mutu Pelayanan, Kepuasan Konsumen

Abstract

Penelitian ini bertujuan yaitu untuk mengetahui apakah terdapat hubungan pelayanan dengan kepuasan konsumen pada Rumah Sakit Daerah Besemah Kota Pagaralam. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode Populasi dan Sampel. Metode analisis yang digunakan dalam menganalisis permasalahan yang ditemukan menggunakan metode asosiatif dengan menganalisis data yang terkumpul dari sampel dengan menggunakan pendekatan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa Rumah Sakit Daerah Besemah Pagaralam merupakan sarana pelayanan kesehatan pemerintah yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan secara bermutu, terjangkau, adil dan merata. Pelayanan kesehatan dibutuhkan oleh sebagian besar masyarakat dan sangat strategis dalam upaya meningkatkan status kesehatan masyarakat baik golongan atas maupun golongan bawah khususnya di Kota Pagar Alam. Berdasarkan hasil pengujian signifikansi pada bagian pembahasan yang dilakukan dengan menggunakan rumus regresi sederhana, dapat diketahui bahwa kualitas pelayanan mempunyai hubungan yang positif walaupun relatif lemah, dimana dapat kita lihat dari persamaan garis regresi Y = 3,03 + 0,9 (X). Hal tersebut menerangkan bahwa pelayanan yang diberikan oleh pihak Rumah Sakit Daerah Besemah Kota Pagaralam sangat berhubungan dengan kepuasan konsumen rumah sakit. Dari hasil pengujian koefisien korelasi hasilnyapun positif yaitu 0,61. Jumlah nilai tersebut  terletak  diantara 0,60 dan 0,90 dan hal ini menunjukan bahwa terdapat hubungan positif antara nilai kualitas pelayanan dengan kepuasan konsumen pada rumah sakit daerah besemah. Secara umum hasil penelitian ini memang sesuai dengan hipotesis yang telah di uraikan pada bagian sebelumnya, akan tetapi untuk jangka pendek dan jangka panjang peneliti mengemukakan beberapa saran dalam rangka untuk membuat pihak pengelola ataupun manajemen Rumah Sakit Daerah Besemah Pagaralam dapat lebih maju dan bertahan sebagai rumah sakit yang memberikan pelayanan kesehatan prima kepada para konsumen dan juga guna menciptakan tingkat kepuasan konsumen yang sesuai dengan harapan para pengunjung rumah sakit tersebut.

References

Gaspersz, Vincent. 2011. Total Quality Management (TQM). California: Vinchristo Publication.
Hurriyati, Ratih. 2009. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta.
Hendrianto, Agus. 2011. Hubungan Kualitas Pelayanan Dengan Tingkat Kepuasan Penumpang Bus PO. Sinar Dempo Pagaralam, Penelitian Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Lembah Dempo Kota Pagaralam.
Kotler, Philip. 2011. Edisi ke-dua. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Midas Serum Grafindo, Jakarta.
Moenir.A.S. 2009. Manajemen Pelayanan Umum Indonesia. Bumi Aksara, Jakarta.
Sugiarto, Endar. 2010. Psikologi Pelayanan Dalam Industri Jasa. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Sunarto. 2010. Prilaku Konsumen. Amus Yogyakarta dan CV. .Ngeksigondo Utama, Yogyakarta.
Tjiptono, Fandy. 2011 Edisi ke-empat. Prinsip-Prinsip Total Quality Service (TQS). Andi, Yogyakarta.
Tjiptono, Fandy. 2011. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Yamit, Zulian. 2010. Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. Yogyakarta: Ekonista.

Downloads

Published

2020-02-24

How to Cite

Yudianto, R., Feriyansyah, A., & mico, sastra. (2020). HUBUNGAN PELAYANAN DENGAN KEPUASAN KONSUMEN PADA RUMAH SAKIT DAERAH BESEMAH KOTA PAGARALAM. Ekonomia, 10(1), 40–52. https://doi.org/10.54342/itbis-e.v10i1.90

Issue

Section

Articles