PENGARUH KEPERCAYAAN, DAN KEAMANANTERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA DALAM BELANJA ONLINE (Studi pada Mahasiswa STIE Rahmaniyah Sekayu)

-

Authors

  • Heriyana Heriyana STIE Rahmaniyah

DOI:

https://doi.org/10.54342/itbis-e.v10i1.89

Keywords:

kenyamanan, keamanan, keputusan belanja belanja online

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh kepercayaan dan keamanan terhadap keputusan mahasiswa dalam belanja online. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi berganda dengan Software SPSS Versi 20. Ruang lingkup penelitian terbatas pada Pengaruh variable kepercayaan dan keamanan terhadap keputusan belanja online. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diambil melalui penyebaran kuisioner. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang ada di STIE Rahmaniyah Sekayu. Sampel diambil dengan menggunakan purposive sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 67 mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa variable kepercayaan dan keamanan berpengaruh terhadap keputusan mahasiswa dalam belanja online.

References

Assauri, Sofjan. (2009). Manajemen Pemasaran: Dasar Konsep dan Strategi. Rajawali Pers. Jakarta
Belanger, France et al. (2002). Trustworthiness in Electronic Commerce: The Role of Priva-cy, Security, and Site Attributes. Journal of Strategic Information Systems 11. (Online), USA. http://onemvweb.com/sources/sources/trustworthiness_ecommerce_role.pdf).
C. Laudon, Kenneth & P. Laudon, Jane. 2005. Sistem Informasi Manajemen Mengelola Perusahaan Digital. Edisi 8. Andi Offset. Yogyakarta.
C. Mowen, John. Michael Minor. (2002). Perilaku Konsumen. Jakarta: Erlangga.
Hasan, Ali. (2009). Marketing, Medpress: Yogyakarta.
Josang, Audun. (2007). Trust and Reputation system. Foundations of Security Analysis and Design IV. (Online), Australia. (http:// persons.unik.no/josang/papers/Jos2007- FOSAD.pdf), diakses 2 Oktober 2010
I Putu Agus Eka Pratama. (2015). E-commerce, E-bisnis dan Mobile Commerce. Bandung: Informatika.
Kalakota, R., and Whinston, A. B. (1996). Frontiers of Electronic Commerce. Addison Wesley Publishing.
Park, Chung-Hoon and Young-Gul Kim. (2006). The Effect of Information Satisfaction and Relational Benefit on Consumers Online Site Commitmennts. Journal of Electronic Commerce in Organizations, 4 (1), hal. 70-90.
Raman, Arasu dan Viswanathan, A. (2011). Web Services and e-Shopping Decisions: A Study on Malaysian e-Consumer. IJCA Special Issue on:Wireless Information Networks & Business Information System, hal.54-60.
Swastha, Basu dan Hani Handoko. (2005). Manajemen Pemasaran Analisa Perilaku Konsumen. BPFE, Yogyakarta.
Wiedenfels, G. (2008). An Analysis Of Trust Drivers, the Relevance for Purchase Intentions, and the Moderating Effect of Product or Service Qualities. Trust of Potential Buyer in New Entrepreneurial Ventures.

Downloads

Published

2020-02-24

How to Cite

Heriyana, H. (2020). PENGARUH KEPERCAYAAN, DAN KEAMANANTERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA DALAM BELANJA ONLINE (Studi pada Mahasiswa STIE Rahmaniyah Sekayu): -. Ekonomia, 10(1), 33–39. https://doi.org/10.54342/itbis-e.v10i1.89

Issue

Section

Articles