PENGARUH POSITIONING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN COFFEE ROBUSTA KHAS PAGAR ALAM DI KEDAI COFFEE AMBIGU KOTA PAGAR ALAM

Authors

  • Sastra Mico Universitas Lembah Dempo
  • Herma Diana Universitas Lembah Dempo

DOI:

https://doi.org/10.54342/itbis-e.v14i1.300

Keywords:

Positioning, Keputusan pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Positioning terhadap keputusan pembelian Konsumen Coffee Robusta khas pagar Alam di Kedai Coffee Ambigu Kota Pagar Alam. Metode yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah random sampling, sampel dalam penelitian ini berjumla 74 orang pengunjung pada Kedai Coffee Ambigu Kota Pagar Alam. Pengumpulan data primer dilakukan dengan metode kuesioner yang telah di uji validitas dan reliabilitasnya. Berdasarkan hasil uji t pada variabel positioning diperoleh sebesar 7,725, sedangkan pada penelitian ini batas ttabel sebesar 1.66629, sehingga dapat dikatakan nilai thitung>ttabel, dan dapat disimpulkan bahwa dalam uji t pada penelitian ini “terdapat pengaruh signifikan antara variabel positioning terhadap keputusan pembelian pada Kedai Coffee Ambigu Kota Pagar Alam, jadi dapat disimpulkan bahwa positioning berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada Kedai Coffee Ambigu Kota Pagar Alam. Hal ini berarti Kedai Coffee Ambigu Kota Pagar Alam sebaiknya lebih meningkatkan kembali positioning dan selalu berusaha menarik keputusan pembelian konsumen, agar positioning yang dominan yang diterapkan di Kedai Coffee Ambigu Kota Pagar Alam dapat membuat Kedai Coffee Ambigu Kota Pagar Alam menempati posisi sebagai satu-satunya kedai yang selalu di ingat kembali oleh pengunjung.

References

Aqbal, 2021. Metode Penelitian dan Praktik, Jakarta : Cipta Aksara

Ghazali, 2018. Metode Penelitian dan Praktik, Yogyakarta : Andi Ofset

Kartajaya, Hermawan, 2020. Brand Operation. Jakarta : Erlangga

Kotler and Keller. 2020. Pemasaran Ritel. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Umum

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Lembah Dempo Pagar Alam, 2022. Pedoman Penyusunan Proposal Penelitian dan Skripsi, Pagar Alam : Institut Teknologi dan Bisnis Lembah Dempo (ITBis) Lembah Dempo Pagar Alam

Sugiyono, 2019, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Bandung : CV Alfabeta

Tjiptono, Fandy, 2014. Pemasaran Jasa (Prinsip, Penerapan, Penelitian). Penerbit : Andy Yogyakarta

Anggara, Sofyan dan Lutfie, Harrie. 2019. Pengaruh strategi positioning terhadap keputusan pembelian neucentrix data center (studi kasus pada pt. telkom bengawan 2019), Jurnal : Fakultas Ilmu Terapan, Universitas Telkom, Bandung, Indonesia

Ariska, Trinia.2018. Pengaruh implementasi strategi segmenting, targeting dan positioning pada warung mie endes terhadap keputusan pembelian. Jurnal : Fakultas Ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri

Asshidiq, Hasbi. 2017. Pengaruh Positioning Dan Persepsi Iklan Dengan Keputusan Pembelian Ulang Produk Air Mineral Aqua Pada Remaja Akhir, Jurnal : Psikologi.Fisip-Unmul

Dwihapsari, Ester Ratih dan Murni, Yanti. 2017. Pengaruh positioning, diferensiasi dan citra Merek terhadap keputusan pembelian buku mimpi Sejuta dolar dengan promosi sebagai variabel Intervening, Jurnal : Universitas Mercu Buana

Fakhri, dkk. 2019. Analisis Strategi Positioning Merek Berdasarkan Preferensi, Persepsi, Dan Kepuasan Konsumen Produk Pertamina Lubricants, Jurnal : Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya.

Mauliansyah, Roni. 2017. Pengaruh Positioning terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda di Kota Langsa, Jurnal : Fakultas Ekonomi, Universitas Samudra

Mustain, hasma laely, 2019. Analisis Pengaruh Strategi Positioning Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Starbucks Coffee Di Makassar, Jurnal : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Hasanuddin Makassar

Schouten, John. 2019. Positioning Services for Competitive Advantage: the Case of Duds ‘n Suds, Journal : University of Newfoundland

Vera, Vetty. 2017. Pengaruh Positioning Terhadap Keputusan Pembelian Menjadi Nasabah Di Ajb Bumiputera 1912 Cabang Nagoya. Jurnal : Manajemen Bisnis Politeknik Negeri Batam

Vernanda, 2020. The Effect of Brand Positioning and Service Quality on Customer Loyalty in Wonoayu Eurocar Market Customer Satisfaction As Moderation Variable, Journal : Muh. Sidoarjo Univ, Indonesia

Vera, Vetty. 2017. Pengaruh Positioning Terhadap Keputusan Pembelian Menjadi Nasabah Di Ajb Bumiputera 1912 Cabang Nagoya. Jurnal : Manajemen Bisnis Politeknik Negeri Batam

Downloads

Published

2024-03-30

How to Cite

Mico , S., & Diana, H. (2024). PENGARUH POSITIONING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN COFFEE ROBUSTA KHAS PAGAR ALAM DI KEDAI COFFEE AMBIGU KOTA PAGAR ALAM. Ekonomia, 14(1), 56–70. https://doi.org/10.54342/itbis-e.v14i1.300

Issue

Section

Articles