PENGARUH KARAKTERISTIK INDIVIDU TERHADAP KINERJA PEGAWAI KANTOR KECAMATAN TANJUNG SAKTI PUMI

Authors

  • Yuliansyah M.Diah Universitas Sriwijaya, Universitas Lembah Dempo
  • Yulia Misrania Universitas Sriwijaya, Universitas Lembah Dempo

DOI:

https://doi.org/10.54342/itbis-e.v14i1.298

Keywords:

Karakteristik Individu, Kinerja Pegawai

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh karakteristik individu terhadap kinerja pegawai kantor Camat Tanjung Sakti Pumi. Jenis penelitian assosiatif. Data primer diperoleh dari kuesioner yang dibagikan kepada 48 responden yang merupakan pegawai pada kantor camat Tanjung Sakti Pumi. Data sekunder diperoleh melalui studi kepustakaan (buku-buku dan literatur yang relevan) dan data internal instansi. Adapun indikator yang digunakan diperoleh dari penelitian bersumber dari variabel karakteristik individu (X) dan variabel kinerja (Y). Hasil penelitian Berdasarkan indikator pernyataan pada karakteristik individu (X) dengan 12 item pertanyaan, maka setelah dilakukan hasil pengujian validitas nampak bahwa semua item pertanyaan bernilai valid, dikatakan sudah valid karena memiliki nilai r tabel yang di atas dari 0,235. Sedangkan untuk variabel kinerja (Y) dengan 12 item pernyataan, maka setelah dilakukan hasil pengujian validitas nampak bahwa semua item pertanyaan dikatakan valid karena memiliki nilai r tabel yang di atas dari 0,235. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif signifikan antara variabel karakteristik individu (X) terhadap kinerja pegawai (Y) kantor Camat Tanjung Sakti Pumi. Pengaruh tersebut nilai korelasinya sebesar 0,497 berarti terdapat nilai korelasi dalam taraf sedang.

References

Agustina, I. (2021). Karakteristik Individu, Karakteristik Pekerjaan Dan Kinerja Karyawan Yang Dimediasi Oleh Motivasi Kerja Pada Pembatik Putting Out System. Philanthropy Journal of Psychology Vol 5 Nomor 1 (2021).

Asad. U.R. (2018). The Influence of Individual Characteristics on Organization Performance and Job Satisfaction. International Journal of Scientific and Research Publications, Volume 5, Issue 2, February 2018.

Darwin. L, dkk. (2021). Dampak Karakteristik Individu Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Pematangsiantar. SULTA ANIST: Jurnal Manajemen dan Keuangan Volume: 9 No: 1 Tahun 2021.

Dayat. I, dkk. (2018). Pengaruh Karakteristik Individu, Karakteristik Pekerjaan dan Karakteristik Organisasi terhadap Kinerja Pegawai (Studi pada Politeknik Kotabaru). Jurnal Bisnis dan Pembangunan, Edisi Januari- Juni 2018.

Desyinta. (2019). Pengaruh Karakteristik Individu dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai pada Badan Pengelolaan Pajak dan Restribusi Daerah UPT Samsat Pematang Siantar. Jurnal Manajemen Maker Vol. 5 Nomor 01.

Elvera & Astarina, Y. (2021). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.

Hasibuan, M. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Revisi. Jakarta. Bumi Aksara.

Heri, S.P. (2020). Pengaruh Karateristik Individu Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Intervening (Studi Empiris PT. Hakaaston Plant Bojonegara). Jurnal Ekonomi Vokasi, Vol. 3 No 2.

Mangkunegara, A.P. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Marbawi, A. (2018). Manajemen Sumberdaya Manusia Teori, Praktik dan Penelitian. Ljokseumawe: Unimal press.

Mondy. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Pertama Salemba Jakarta: Empat.

Prakoso. (2016). Pembaharuan Sistem Peradilan Pidana Anak, Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Priansa, D.J. (2018). Perencanaan & Pengembangan SDM. Bandung: Alfabeta.

Rahmawati, E., & Utomo, S. (2020). Pengaruh Karakteristik Individu, Karakteristik Pekerjaan dan Karakteristik Organisasi terhadap Kinerja Pegawai Kontrak (Studi Pada FISIP ULM Banjarmasin). Jurnal Bisnis Dan Pembangunan, 9(1), 69–82.

Rivai, V. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan, Edisi ke 6, Depok: Raja Grafindo Persada.

Robbins & Judge. (2017). Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.

Siagian, Sondang P. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Bumi Aksara.

Sudaryo, Yoyo, dkk. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia, Kompensasi Tidak Langsung dan Lingkungan Kerja Fisik. Yogyakarta: CV Andi Offset

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suwatno dan Priansa. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi Publik Dan Bisnis. Bandung : Alfabeta.

?

Syaifuddin. (2017). Analysis of the Effect of Individual Characteristics, Employees’ Competency and Organizational Climate on Job Satisfaction and Employees’ Performance at a State-Owned Trading Company in Indonesia. Expert Journal of Business and Management Received 8 September 2017.

Wahyu, S.K, dkk. (2022). Pengaruh Karakteristik Individu Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Journal of Innovation Research and Knowledge Vol.2 No. 1 Juni 2022.

Downloads

Published

2024-03-30

How to Cite

M.Diah, Y., & Misrania , Y. (2024). PENGARUH KARAKTERISTIK INDIVIDU TERHADAP KINERJA PEGAWAI KANTOR KECAMATAN TANJUNG SAKTI PUMI. Ekonomia, 14(1), 28–42. https://doi.org/10.54342/itbis-e.v14i1.298

Issue

Section

Articles