PENGARUH EKUITAS MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR YAMAHA PADA MAHASISWA KAMPUS LEMBAH DEMPO PAGAR ALAM
DOI:
https://doi.org/10.54342/itbis-e.v13i2.293Keywords:
Ekuitas Merek, Keputusan PembelianAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ekuitas merek mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha pada mahasiswa kampus Lembah Dempo Pagar Alam?. Dalam penelitian ini penelitian asosiatif digunakan untuk mengidentifikasi sejauh mana pengaruh variabel ekuitas merek (X) terhadap variabel (Y) keputusan pembelian.Pengaruh masing-masing variabel independen (ekuitas merek) dapat dijelaskan bahwa berdasarkan hasil dari uji validitas instrumen pada tabel semua butir pernyataan yakni variabel ekuitas merek (X) dan variabel keputusan pembelian (Y) menunjukan bahwa r hitung r tabel (0.275), dengan demikian seluruh butir instrumen dinytakan valid. Hal ini menunjukan bahwa semua butir item yang diajukan sebagai instrumen variabel penelitian memenuhi syarat untuk dijadikan sebagai alat ukur penelitian. Berasarkan hasil uji t sebesar 15.981 dan nilai sig sebesar 0.0000.05. sehingga dapat disimpulkan berdasarkan pengajuan hipotesis apabila nilai sig 0.05 maka pengajuan hipotesis diterima. Dengan demikian hipotesis uji t variabel ekuitas merek berpengaruh positi signifikan dan dapat diterima koefisien regresi positif artinya ekuitas merek memiliki pengaruh signifikan secara pesial terhadap keputusan pembelian.References
Aaker A. Dafid. 2018. Manajemen Ekuitas Merek. Jakarta : Mitra Utama
Durianto, D., Sugiarto, & Sitinjak, T. 2014. Strategi Menaklukan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta ;Gramedia Pustaka.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller.(2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2, Jakarta : PT. Indeks.
Kotler, Philip dan Amstrong, Gary, (2014), Principles of Marketin, 12th Edition, Jilid 1 Terjemahan Bob Sabran Jakarta : Erlangga.
Lubis, M. S. (2013). Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Membeli Sepeda Motor Yamaha Dengan Faktor Keluarga Sebagai Variabel Moderator. Jurnal Apresiasi Ekonomi, 1(3), 145-156.
Meithiana indrasari, 2019 pemasaran dan keputusan pelanggan.
PAMUNGKAS, B. H., Eka, D., & Nofiawaty, N. (2019). PENGARUH CITRA MEREK (BRAND IMAGE) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA KFC KAMBANG IWAK PALEMBANG (Doctoral dissertation, Sriwijaya University).
Sugoyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet.
Sudomo, S. (2013). Pengaruh ekuitas merek terhadap keputusan pembelian (studi kasus konsumen pepsodent di Kabupaten Bantul). Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Akuntansi, 1(2).
Suharyani, K., Nuridja, I. M., & Haris, I. A. (2016). PENGARUH EKUITAS MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MINUMAN TEH BOTOL SOSRO PADA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI UNDIKSHA 2015. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 5(1).
Swasta, Basu. 2018, Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.
Schiffman, Leon dan Kanuk, Leslie L. (2014). Perilaku Konsumen. Jakarta: Indeks.
Tanjung, R. A., & Saputri, M. E. (2019). Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Yamaha Nmax Di Kota Bandung. eProceedings of Management, 6(2).
Wiastuti, R. D., & Kimberlee, S. (2018). Pengaruh ekuitas merek terhadap keputusan pembelian di Simetri Coffee Roaster Puri, Jakarta. Jurnal Pariwisata, 5(2), 133-146.
https://www.hestanto.web.id ( diakses pada 7 desember 2022)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.