PENGARUH KEPEMIMPINAN TERHADAP DISIPLIN KERJA PEGAWAI PADA KANTOR CAMAT MUARA PINANG KABUPATEN EMPAT LAWANG

Authors

  • Yulia Misrania Fakultas Ekonomi Dan Bisnis ITBis Lembah Dempo, Pagaralam
  • Yadi Mayadi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis ITBis Lembah Dempo, Pagaralam

DOI:

https://doi.org/10.54342/itbis-e.v13i2.291

Keywords:

kepemimpinan, disiplin kerja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan terhadap disiplin kerja pegawai pada Kantor Camat Muara Pinang Kabupaten Empat Lawang. Metode yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah sampling jenuh, sampel dalam penelittian ini berjumlah 56 orang pegawai Kantor Camat Muara Pinang Kabupaten Empat Lawang. Pengumpulan data primer dilakukan dengan metode kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Berdasarkan hasil uji t pada variabel kepemipinan diperoleh nilai t hitung sebesar 7.337, sedangkan t tabel pada penelitian ini sebesar 2.004. sehinga dapat dikatakan nilai t hitung > nilai t tabel, dan dapat disimpulkan bahwa dalam uji t pada penelitian ini “terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel kepemipinan terhadap variabel diiplin kerja pegawai”. Jadi dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap disiplin kerja pegawai pada Kantor Camat Muara Pinang Kabupaten Empat Lawang. Hal ini berarti Kantor Camat Muara Pinang sebaiknya harus lebih meningkatkan kembali disiplin pegawai dan dapat memberikan sangsi yang sesuai kepada pegawai yang tidak disiplin sehingga tujuan organisasi dapat tercapai sebagaimana mestinya.

References

Bukit, dkk, 2017. Pengembangan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta. Zahir Publishing.

Elvera dan Astarina, 2021. Metodologi Penelitian, Yogyakarta: Andi.

Hasibuan, 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Hutahean, 2021. Filsafat Dan Teori Kepemimpinan. Malang: Ahli media press.

Institut Teknologi Dan Bisnis Lembah Dempo. 2022. Pedoman Penyusunan Proposal Penelitian Dan Skripsi. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.

Kartono, 2020. Pemimpin Dan Kepemimpinan. Jakarta: PT. Raja grafindo Persada

Qomariah, 2020. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jember: CV. Pustaka Abadi.

Setiawan dan Pratama, 2019. Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Komunikasi Efektif Dan Pengambilan Keputusan Terhadap Disiplin kerja Karyawan Pada CV. Bintang Anugerah Sejahtera. Jurnal Manajemen Tools., Vol.11 No. 1, Juni 2019.

Susilowati & Hanantijo, Pengaruh Kepemimpinan, Lingkungan Kerja Dan Kepuasan Kerja Terhadap Disiplin Kerja Pegawai Pada Sekretariat DPRD Kabupaten Sragen. Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah Smooting. Vol.17 No.2, April 2019.

Downloads

Published

2023-09-30

How to Cite

Misrania, Y., & Mayadi, Y. (2023). PENGARUH KEPEMIMPINAN TERHADAP DISIPLIN KERJA PEGAWAI PADA KANTOR CAMAT MUARA PINANG KABUPATEN EMPAT LAWANG. Ekonomia, 13(2), 104–116. https://doi.org/10.54342/itbis-e.v13i2.291

Issue

Section

Articles