PENGARUH WORD OF MOUTH DAN EKUITAS MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE OPPO PADA KONTER GADGET
DOI:
https://doi.org/10.54342/itbis-e.v13i2.290Keywords:
Word of mouth, Ekuitas Merek, Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Word Of Mouth dan Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Oppo Di Konter Gadget Simpang Bombai Textile Kota Pagar Alam. Metode yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah metode non probability sampling , Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 orang dari pelanggan konter gadget Oppo di Simpang Bombai Textile Deretan Gang Bedeng Munir. Berdasarkan hasil Analisis kuantitatif meliputi uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis lewat uji F dan uji t serta uji analisis koefisien determinasi (R2). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regersi linear berganda. Analisis kualitatif merupakan interpretasi dari data yang diperoleh dalam penelitian serta hasil pengolahan data yang sudah dilaksanakan dengan memberi keterangan dan penjelasan-penjelasan. Data-data yang telah memenuhi uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik diolah sehingga menghasilkan persamaan regresi sebagai berikut : 0.020Y = 25.301 + 0,917 X Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa dua variabel terbukti secara signifikan mempengaruhi variabel dependen Keputusan Pembelian (Y). Kemudian melalui uji F dapat diketahui bahwa variabel Komnikasi Mulut Ke mulut (Word Of Mouth) dan Ekuitas Merek berpengaruh signifikan secara bersama-sama dalam terhadap Keputusan Pembelian.References
Aaker, David A. (2018). Manajemen Ekuitas Merek / Oleh David A. Aaker Alih bahasa Aris Ananda . Cet.1- Jakarta : Mitra Utama 2018, XV + 427 hlm: ilus : 20cm.
Finanda, I. R. (2017). Pengaruh word of mouth dan brand image terhadap keputusan penggunaan salon kecantikan pada konsumen Miloff Beauty Bar. E-Journal Widya Ekonomika, 1(1), 177756.
Ganda Manurung (2018). Pengaruh Ekuitas Merek dan Word Of Mounth Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Oppo (Survei Pada Mahasiswa STIE Sultan Agung Semester VI Tahun Akademik 2016/2017). Maker : Jurnal Manajemen , Vol.4, No.2, 30-39.
Manurung, G., Lie, D., Butarbutar, M., & Inrawan, A. (2018). Pengaruh Ekuitas Merek Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Oppo (Survei Pada Mahasiswa Stie Sultan Agung Semester Vi Tahun Akademik 2016/2017). Maker: Jurnal Manajemen, 4(2), 30-39.
Nugraha, F. A. A., Suharyono, A. K., & Kusumawati, A. (2015). Pengaruh word of mouth terhadap keputusan pembelian dan kepuasan konsumen (studi pada konsumen kober mie setan jalan simpang soekarno-hatta nomor 1-2 Malang). Brawijaya University.
Oktavianto, Y. (2013). Pengaruh Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Usaha Mie Ayam Pak Agus di Kota Batu. Manajemen Bisnis, 3(1).
Philip Kotler, Kevin Lane Keller. Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 1. Penerbit Erlangga Ciracas : Jakarta
Rembon, A., Mananeke, L., & Gunawan, E. (2018). Pengaruh word of mouth dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada pt. kangzen kenko indonesia di manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 5(3).
Saputra, G. W., & Ardani, I. G. A. K. S. (2020). Pengaruh digital marketing, word of mouth, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(7), 2596.
Siti Choirunnisa Drs. Jusuf Hariyanto.M.Sc. (2020). Pengaruh Word Of Mounth, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Xiaomi (Studi Kasus Pada Warga Bekasi Barat). Jurnal : Departemen Manajemen
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.