PENGARUH KARAKTERISTIK MEREK DAN KARAKTERISTIK PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS MEREK KONSUMEN MIE SEDAP DI KAMPUNG PURWOSARI KOTA PAGAR ALAM

Authors

  • Gilang Aji Pratama Institut Teknologi Dan Bisnis (ITBis) Lembah Dempo
  • Sastra Mico Institut Teknologi Dan Bisnis (ITBis) Lembah Dempo
  • Ahmad Feriyansyah Institut Teknologi Dan Bisnis (ITBis) Lembah Dempo

DOI:

https://doi.org/10.54342/itbis-e.v13i2.287

Keywords:

Karakteristik Merek, Karakteristik Pelanggan, Loyalitas Merek

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : ada tidaknya pengaruh karakteristik merek dan karakteristik pelanggan terhadap loyalitas merek, untuk mengetahui seberapa besar variabel karakteristik merek dan karakteristik pelanggan terhadap loyalitas merek. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah assosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini ada dua yaitu Diskon (X) dan Peningkatan Penjualan (Y). Pengumpulan data diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada konsumen mie sedap di kampung Purwosari Rt 04 Pagar Alam yang berjumlah 100 responden. Teknik pengambilan Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Accidental Sampling. Pengambilan sampel dilakukan terhadap responden yang ada di kampung Purwosari Rt 04 Pagar Alam guna untuk mengetahui besarnya pengaruh karakteristik merek dan karakteristik pelanggan terhadap loyalitas merek. Hasil dari uji analisis regresi linier berganda pada penelitian ini menunjukan bahwa karakteristik merek dan karakteristik pelanggan berpengaruh positif terhadap loyalitas merek dapat di lihat dari hasil analisis regresi linier sederhana yaitu : Y = 11,597 + 0,117 X1 + 0,283 X2 + e.. Yang dimana nilai konstanta sebesar 11,597 nilai koefisien regresi diskon mempunyai pengaruh yang positif yang berarti jika karakteristik merek dan karakteristik pelanggan meningkat 1 satuan maka loyalitas merek akan meningkat sebesar 0,117 untuk variabel X1 dan variabel X2 0,283 satuan. Berpengaruh signifikan terhadap loyalitas merek, yang dapat dilihat dari hasil uji t dimana nilai signifikansi nya sebesar 0,000 yang berarti lebih kecil dari 0,05 sehingga hipotesis diterima.

References

Argiansyah, Dkk. 2017. Pengaruh Karakteristik Merek, Karakteristik Perusahaan Dan Karakteristik Merek Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Outlet Planet Surf Di Yogyakarta. Jurnal Manajemen Bisnis Vol. 6, No. 1.

Dewantari,. 2018. Analisis Pengaruh Citra Merek Dan Kepercayaan Merek Pada Loyalitas Merek Mie Sedap. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Ekonomi. Universitas Sanata Dharma : Yogyakarta.

Elvera & Yesita Astarina. 2021. Metodologi Penelitian. Edisi I, Cetakan Ke-1. Yogyakarta: Andi (Anggota IKAPI).

Fauzi, Dkk. 2016. Pengaruh Karakteristik Merek, Karakteristik Perusahaan, Dan Karakteristik Pelanggan-Merek Terhadap Loyalitas Merek (Study Pada Pengguna Smartphon Android Advan Di Purwo Rejo). Jurnal Manajemen Dan Bisnis. Vol. 12 No. 1A.

http://dosen.yai.ac.id./v5/dokumen/materi/030013/103_20211228095209_Pertemuan%2013_Korelasi%20dan%20Regresi%20sederhana.pdf

https://goodstats.id/article/daftar-merek-mi-instan-yang-paling-banyak-dikonsumsi- masyarakat-sepanjang-2022-ngWxF

https://id scribd,com/doc/89674014/Struktur-Organisasi-Perusahaan-Mie-Instan

https://id.wikipedia.org/wiki//mie

https://perusahaanwingsfood.blogspot.com/p/profil.html

Indrasari,. 2019. Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan. Cetakan Pertama. Surabaya: Jawa Timur, Indonesia.

Khasanah, Dkk. 2021. Analisis Citra Merek, Kepercayaan Merek, Dan Kepuasan Merek Terhadap Loyalitas Merek. Jurnal Riset Nasional Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi. Vol. 2 No. 1.

Laily. 2016. Pengaruh Karakteristik Merek, Karakteristik Perusahaan, Karakteristik Pelanggan-Merek Pada Produk Layanan Jasa Berbasis Teknologi (Study Kasus Merek Go-Ride Pada Pt. Go-Jek Indonesia Di Yogyakarta). Skripsi Tidak Di Terbitkan. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri: Yogyakarta.

Nanda. 2013. Pengaruh Karakteristik Merek, Karakteristik Perusahaan, Karakteristik Pelanggan Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Speedy Pada PT. Telkom Kandatel Banyuwangi. Jurnal Universitas Jember.

Pedoman, Buku Skripsi. Institut Teknologi Dan Bisnis Lembah Dempo, Akademik 2022.

Purnomo, Dkk. 2018. Pengaruh Karakteristik Merek, Karakteristik Perusahaan, Dan Karakteristik Merek Pelanggan Terhadap Loyalitas Merek Kosmetik, Lipstik Wardah Pada Mahasiswi Un Iversitas Bandar Lampung. Jurnal ilmu administrasi. Vol. 11, No. 1.

Rusmanto. 2020. Manajemen Hubungan Teori Dan Implementasi Dengan Aplikasi Dan Media Sosial. Cetakan Pertama. Jakarta Selatan:Nurul Fikri Press (NF PRESS).

Sasono, Eko,Ulfatun Nikmah. 2021. Karakteristik Merek Dan Karakteristik Pelanggan Merek Serta Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Merek (Study Pada Mie Sedap Di Kabupaten Semarang). Jurnal Stie Semarang. Vol. 13 No. 2.

Suntoro, Dkk. 2020. Analisis Pengaruh Pengalaman Merek, Kepercayaan Merek Dan Kepuasan Merek Terhadap Loyalitas Merek. Jurnal Universitas Kristen Satya Wacana. Vol. 32 No. 1.

Syafi’i A, Dkk. 2014. Pengaruh Karakteristik Merek, Diferensiasi Produk, Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Merek Telepon Seluler Blackberry (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program S1 Angkatan 2010 Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Di Ponegoro). Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 3, No. 3.

Tingga, Dkk. 2022. Manajemen Merek. Bandung: Media Sains Indonesia.

Downloads

Published

2023-09-30

How to Cite

Pratama, G. A., Mico , S., & Feriyansyah , A. (2023). PENGARUH KARAKTERISTIK MEREK DAN KARAKTERISTIK PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS MEREK KONSUMEN MIE SEDAP DI KAMPUNG PURWOSARI KOTA PAGAR ALAM. Ekonomia, 13(2), 63–78. https://doi.org/10.54342/itbis-e.v13i2.287

Issue

Section

Articles