PENGARUH KREATIVITAS DESAIN PENGEMASAN DAN PROMOSI ONLINE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA UKM KOPI KAWAH DEMPO KOTA PAGAR ALAM

Authors

  • Firdaus Firdaus Institut Teknologi Dan Bisnis Lembah Dempo
  • Sismarwiyanti Sismarwiyanti Institut Teknologi Dan Bisnis Lembah Dempo

DOI:

https://doi.org/10.54342/itbis-e.v13i1.286

Keywords:

Kreativitas Desain Kemasan, Promosi Online, Keputusan Pembelian

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kreativitas desain pengemasan dan promosi online terhadap pengambilan keputusan pembelian pada UKM Kopi Kawah Dempo Kota Pagar Alam. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian assosiatif. Data primer diperoleh dari kuesioner yang dibagikan kepada 74 responden yang merupakan konsumen UKM Kopi Kawah Dempo Kota Pagar Alam. Data sekunder diperoleh melalui studi kepustakaan dan data penjualan produk kopi. Adapun variabel yang digunakan diperoleh dari penelitian ini yaitu kreativitas desain kemasan (X1), promosi online (X2) dan keputusan pembelian (Y). Dari hasil analisis diperoleh Adanya pengaruh positif dan singnifikan variabel Desain kemasan (X1), Promosi online (X2) terhadap keputusan pembelian (Y). Hasil uji secara parsial Fhitung ? Ftabel (26,675 ? 3.12) dan (0,00

References

Allya Ramadhina. (2017). Pengaruh Desain Kemasan, Variasi Produk, Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen. International Journal of Supply Chain Management. Vol. 6, No. 4, December 2017.

Alma, Buchari. (2016). Manajemen Pemasaran dan Manajemen Pemasaran Jasa, Bandung: Alfabeta.

Angelina D.K. (2017). Pengaruh Desain Kemasan Produk Dan Daya Tarik Iklan Terhadap Brand Awareness dan Keputusan Pembelian Wardah Exclusive

Matte Lip Cream. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 49 No. 2 Agustus 2017. Aprilia S.C Kojongian. (2022). Pengaruh Variasi Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Careofyou.id pada Media Sosial Instagram.

Productivity, Vol. 3 No. 2, 2022.

Kotler, P dan Amstrong. (2018). Prinsip-prinsip Marketing Edisi Ke Tujuh. Jakarta: Salemba Empat

Kotler, P. dan Gary, A. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga. Kotler, P. dan Gary, A. (2017). Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi ke-12 Jilid 1

Terjemahan Bob Sabran. Jakarta: Erlangga.

Kusumasari, A. D dan Supriono. (2017). Pengaruh Desain Kemasan Produk dan Daya Tarik Iklan Terhadap Brand Awareness Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian Wardah Exclusive Matte Lip Cream, Vol. 49 No. 2.

Malang: Universitas Brawijaya.

Limakrisna, N. dan Purba, T.P. (2017). Manajemen Pemasaran, Teori dan Aplikasi dalam Bisnis di Indonesia. Bogor: Mitra Wacana Media jilid 2.

Malau, Herman. (2017). Manajemen Pemasaran. Bandung: Alfabeta

Nana, U. (2018). Pengembangan UKM Melalui Desain Produk dan Kemampuan Bersaing. Sembadha 2018, Volume 01, Edisi 01.

Nurul, K.M.I. (2020). Pengaruh Desain Kemasan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Ekonomi Management 2020.

Pristiana, U. & Mujanah, S. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengambilan Keputusan Wanita Berwirausaha Di Kota Surabaya. 9(1). Rinnanik, dkk. (2021). Ilmu Manajemen Di Era 4.0. Indramayu: Adab.

Stanton & Lamarto. (2017). Prinsip Pemasaran, alih bahasa : Yohanes Lamarto. Jakarta: Erlangga.

Suharsono, R. S., dan Sari, R. P. (2019). Pengaruh Promosi Media Online terhadap Keputusan Pembelian Produk Hijab. Jurnal Aplikasi Manajemen dan

Inovasi Bisnis (JAMIN). Vol.1, No.2.

Syamsudin, Wadji, F., & Praswati, A. N. (2018). Desain Kemasan Makanan Kub Sukarasa Di Desa Wisata Organik Sukorejo Sragen. Benefit Jurnal

Managemen dan Bisnis, 19(2).

Taat Kuspriyono. (2017). Pengaruh Promosi Online dan Kemasan Terhadap

Keputusan Pembelian Kosmetik Merek Sariayu Martha Tilaar. Perspektif, Vol. XV, No. 2, September 2017.

Tjiptono, Fandy. (2012). Strategi Pemasaran, Edisi 4, Andi, Yogyakarta.

Warnadi dan Aris Triyono. (2019). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Deepublis.

Downloads

Published

2023-03-08

How to Cite

Firdaus, F., & Sismarwiyanti, S. (2023). PENGARUH KREATIVITAS DESAIN PENGEMASAN DAN PROMOSI ONLINE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA UKM KOPI KAWAH DEMPO KOTA PAGAR ALAM. Ekonomia, 13(1), 51–62. https://doi.org/10.54342/itbis-e.v13i1.286

Issue

Section

Articles