PENGARUH PEMBERIAN DISKON PRODUK TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN DI MEISTUFF10 PAGAR ALAM

Authors

  • Yesita Astarina Institut Teknologi dan Bisnis (ITBis) Lembah Dempo
  • Firdaus Firdaus Institut Teknologi dan Bisnis (ITBis) Lembah Dempo

DOI:

https://doi.org/10.54342/itbis-e.v13i1.285

Keywords:

Diskon, Peningkatan Penjualan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : ada tidaknya pengaruh diskon terhadap peningkatan penjualan, untuk mengetahui seberapa besar variabel diskon berpengaruh terhadap peningkatan penjualan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah assosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini ada dua yaitu Diskon (X) dan Peningkatan Penjualan (Y). Pengumpulan data diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada pengunjung toko Meistuff10 yang berjumlah 98 responden. Teknik pengambilan Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Accidental Sampling. Pengambilan sampel dilakukan terhadap responden yang berkunjung di toko Meistuff10 guna untuk mengetahui besarnya pengaruh diskon terhadap peningkatan penjualan. Hasil dari uji analisis regresi linier sederhana pada penelitian ini menunjukan bahwa diskon berpengaruh positif terhadap peningkatan penjualan dapat di lihat dari hasil analisis regresi linier sederhana yaitu : Y = 4,563 + 0,598. Yang dimana nilai konstanta sebesar 4,563 nilai koefisien regresi diskon mempunyai pengaruh yang positif yang berarti jika diskon meningkat 1 satuan maka peningkatan penjualan akan meningkat sebesar 0,598 satuan. 0,598 berpengaruh signifikan terhadap peningkatan penjualan pada toko Meistuff10 Pagar Alam, yang dapat dilihat dari hasil uji t dimana nilai signifikansi nya sebesar 0,000 yang berarti lebih kecil dari 0,05 sehingga hipotesis diterima.

References

Anjarini, Dkk. 2021. Pengaruh Diskon Terhadap Kepurusan Pembelian Pada Umkm Jamaluddin. Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi Dan Kewirausahaan. Vol.2, No. 3.

Aryatiningrum. 2020. Pengaruh Pemberian Price Discount Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Pengguna Online Marketplace, Jurnal Ilmu Manajemen. Vol. 8, No. 3.

Astuti. 2021. Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Penjualan Produk Logam Mulia Di Pt. Pegadaian Syariah Cabang Jelutung Kota Jambi. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam. Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin: Jambi.

Dewi. 2018. Pengaruh Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Dan Kepuasan Pelanggan Bisnis Online. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Ilmu Administrasi. Universitas Brawijaya: Malang.

Elvera & Astarina. 2021. Metodologi Penelitian. Edisi I, Cetakan Ke-1. Yogyakarta: Andi (Anggota IKAPI).

Fransisko, dkk. 2021. Pengaruh Kepuasan Konsumen Dan Diskon Terhadap Volume Penjualan Di PT. Atmindo Tbk Tanjung Morawa. Jurnal Bisnis Kolega, Vol.7, No. 2.

http://dosen.yai.ac.id./v5/dokumen/materi/030013/103_20211228095209_Pertemuan%2013_ Korelasi%20dan%20Regresi%20sederhana.pdf

Indrasari M. 2019. Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan. Cetakan Pertama. Surabaya: Jawa Timur, Indonesia.

Maulana. 2022. Pengaruh Promosi Online Terhadap Peningkatan Penjualan Celana Di Cukes Store Makassar. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis. Universitas Muhammadyah: Makassar

Miarso & Irwadi. 2023. Pengaruh Periklanan Dan Potongan Harga Terhadap Volume Penjualan CV. ASR Diesel, Jurnal Study Manajemen Dan Kewirausahaan, Vol. 4, No. 2.

Mustomi, Dkk. Desember 2020. Analisis Pemberian Diskon Terhadap Minat Beli Konsumen Dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal Penelitian, Vol. 4, No. 2.

Ningsi. 2017. Pengaruh Produk Layanan Dan Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Bella Acc Yogyakarta. Jurnal Universitas PGRI. Yogyakarta.

Paputung, Dkk. 2017. Pengaruh Promosi Terhadap Peningkatan Penjualan Pada PT Columbia Kotamobagu. Jurnal Administrasi Bisnis Unsrat, Vol. 5, No. 004.

Pedoman, Buku Skripsi. Institut Teknologi Dan Bisnis Lembah Dempo, Akademik 2022.

Prasetyaningrum. 2022. Pengaruh Diskon, Kualitas Website, Dan Harga Terhadap Pembelian Implusif Pada Aplikasi Shopee COD. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Ekonomi. Universitas Sanata Dharma: Yogyakarta.

Putra, Dkk. September 2016. Pengaruh Diskon Terhadap Minat Beli Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis, Vol.38, No. 2.

Rahmansyah, Dkk. 2016. Pengaruh Pemberian Diskon Terhadap Loyalitas Konsumen Yang Dimediasi Brand Reputation Dan Barand Image (Studi Pada Konsumen Shopee). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis. Vol. 9, No. 2.

Saputro. 2018. Pemberian Diskon Dalam Pelaksanaan Jual Beli Dipasar Cendrawasi Kota Metro Perspektif Hukum Ekonomi Syariah. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Syari’ah. Institut Agama Islam Negeri: Metro.

Satyo & Suprihhadi. 2013. Pengaruh Diskon Harga, Merek Produk, Dan Layanan Pelanggan Terhadap Keputusan Pembelian Garmen. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen. Vol. 2, No. 8.

Siska. 2022. Pengaruh Diskon Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT Wellindo Blast Media Di Kota Batam. Skripsi. Tidak diterbitkan. Fakultas Ilmu Sosial Dan Humaniora. Universitas Putera: Batam.

Tjiptono. 2019. Strategi Pemasaran : Prinsip & Penerapan. Yogyakarta: CV. Andi Offset Wardana, Dkk. 2021. Penjualan Dan Pemasaran. Cetakan Pertama. Denpasar-Bali: IPB

Internasional Press.

Wulandari. 2020. Pengaruh Potongan Harga (Price Discount) Terhadap Keputusan Impluse Buying Pada Perusahaan Ritel Jumbo Mart. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Ekonomi Dan Ilmu Sosial.Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Khasim: Riau Pekan Baru

Downloads

Published

2023-03-08

How to Cite

Astarina, Y., & Firdaus, F. (2023). PENGARUH PEMBERIAN DISKON PRODUK TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN DI MEISTUFF10 PAGAR ALAM. Ekonomia, 13(1), 38–50. https://doi.org/10.54342/itbis-e.v13i1.285

Issue

Section

Articles