Evaluasi Penerapan PSAK 72 Pada Perusahaan Konstruksi PT ABC di Sulawesi Utara

Authors

  • Ivonne H. Putong Politeknik Negeri Manado, Kampus Buha, Manado
  • Sintje P. Alouw Politeknik Negeri Manado, Kampus Buha, Manado
  • Antonius A. Tandi Politeknik Negeri Manado, Kampus Buha, Manado
  • Harty U.H.L Koagouw Politeknik Negeri Manado, Kampus Buha, Manado

DOI:

https://doi.org/10.54342/itbis-e.v13i1.282

Keywords:

PSAK 72, Konstruksi, Pendapatan

Abstract

Pengakuan pendapatan dari kontrak dengan pelanggan mengalami perubahan dari rule base menjadi principle base pada PSAK 72. Penerapan PSAK 72 pada perusahaan memberikan beberapa keuntungan baik di bidang perpajakan maupun daya saing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perlakuan akuntansi pendapatan konstruksi pada PT ABC apakah sudah sesuai dengan PSAK yang berlaku. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan metode deskriptif. Hasil penelitian ini yaitu PT ABC melakukan pengakuan pendapatan menggunakan metode bertahap sepanjang waktu kontrak (over the time). Perusahaan menggunakan metode persentase penyelesaian dan taksiran metode masukan cost to cost basis untuk menghitung besarnya pendapatan konstruksi dan mengakui pendapatan berdasarkan persentase tingkat penyelesaian proyek. Pengakuan pendapatan konstruksi pada PT ABC telah menerapkan PSAK 72.

References

Arista, Meliana Wanda. Penerapan principle base atas pengakuan pendapatan dari kontrak pelanggan pada PSAK 72. 2020. PhD Thesis. UIN Sunan Ampel Surabaya.

Liawan, C., & Van Harling, V. N. (2019). Analisis Perlakuan Akuntansi Pendapatan Jasa Konstruksi Pada Pt. Agrindo Makmur Abadi. Soscied, 2(1), 44-51.

Ikatan Akuntan Indonesia (IAI). 2018. Standar Akuntansi Indonesia. Penerbit Salemba Empat. Jakarta

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi

Downloads

Published

2023-03-08

How to Cite

H. Putong, I., P. Alouw, S., A. Tandi, A., & Koagouw, H. U. (2023). Evaluasi Penerapan PSAK 72 Pada Perusahaan Konstruksi PT ABC di Sulawesi Utara. Ekonomia, 13(1), 10–18. https://doi.org/10.54342/itbis-e.v13i1.282

Issue

Section

Articles