Pengaruh Promosi terhadap Penjualan pada Toko “Tani Subur” Pagar Alam

Authors

  • Laili Dimyati STIE Lembah Dempo

DOI:

https://doi.org/10.54342/itbis-e.v9i1.21

Keywords:

Promosi, Penjualan

Abstract

Penelitian  ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh promosi terhadap penjualan pada toko Tani Subur Pagar Alam.Metode dalam penelitian ini menggunakan analisis penelitian asosiatifyang bertujuan untuk mengetahui hubungan dua variabel atau lebih, dimana peneliti melakukan serangkaian observasi dengan mengaitkan masalah yang ada dengan teori yang mendukung untuk kemudian diambil kesimpulan.Setelah penulis melakukan pembahasan secara mendalam maka dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut : 1) Berdasarkan perhitungan diperoleh pengaruh antara variabel promosi (X) terhadap variabel penjualan (Y) dapat dinyatakan dengan persamaan regresi Y= 17.750 + 0.520X.Nilai konstanta sebesar 17.750 dapat diartikan bahwa jika tidak ada variabel Promosi (X) maka Penjualan (Y) toko Tani Subur Pagar Alam sebesar 17.750; 2) Berdasarkan analisis koefisien dengan model summary diketahui bahwa nilai koefisien korelasi (R) = 0,533 dan nilai koefisien determinasi (R Square) adalah 0,284 dan nilai R Square setelah disesuaikan (Adjusted R Square) adalah 0,269; 3) Pengaruh Promosi (X) terhadap Penjualan (Y) nilai korelasinya sebesar 0,533berarti terdapat nilai korelasi dalam taraf sedang dan tanda positif pada koefisien korelasi menunjukkan adanya hubungan searah antara promosi (X) dengan variabel penjualan (Y).

 

References

Alex s. Nitisemo. 1984. Marketing. Ghalia Indonesia.Jakarata.
Basu Swasta D. H. dan Irawan. 2010. Manajemen Pemasaran Moderen. Liberty Yogyakarta.
Kotler, dan Amstrong. (Terjemahan Alexander Sindoro). 2008. Dasar-Dasar pemasaran.Prenhallindo. Jakarta.
Schiffma, L.G dan Kanuk, L.L. 2011.Cunsomer Bhaviour, gth ed. New Jersey. Pearson Prentice Hall.
Stanton, William, J. 1986. Prinsip Pemasaran. Erlangga.
Manajemen Pemasaran. http/www. Manajemen Pemasaran. Co. Id
Hariyati, Ratih, 2010. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: ALFABETA
Jurnal-Ekonomia

Downloads

Published

2019-05-13

How to Cite

Dimyati, L. (2019). Pengaruh Promosi terhadap Penjualan pada Toko “Tani Subur” Pagar Alam. Ekonomia, 9(1), 1–17. https://doi.org/10.54342/itbis-e.v9i1.21

Issue

Section

Articles