ANALISIS KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA DUTA ELEKTRONIK KOTA PAGAR ALAM
DOI:
https://doi.org/10.54342/stie-je.v11i2.169Keywords:
Keputusan Pembelian, KonsumenAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan analisis keputusan pembelian
konsumen pada Duta Elektronik Kota Pagar Alam. Metode Penelitian yang
digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data primer diperoleh dari kuesioner yang
dibagikan kepada 90 responden yang merupakan konsumen Duta Elektronik Pagar
Alam serta data wawancara langsung pada objek penelitian. Data sekunder diperoleh
melalui studi kepustakaan (buku -buku dan literatur yang relevan) dan data internal
instansi. Adapun indikator yang digunakan diperoleh dari penelitian ini yaitu
dimensi perilaku konsumen yang terdiri dari 1) Pengenalan masalah, 2) Pencarian
informasi, 3) Evaluasi alternatif, 4) Keputusan pembelian produk dan 5) Perilaku
pasca pembelian produk. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan yaitu
Dari hasil penelitian ini dapat diambil beberapa kesimpulan yaitu pada proses
pengambilan keputusan pembelian produk Duta Elektronik Pagar Alam memiliki 5
tahap, yaitu pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatif,
keputusan pembelian dan perilaku pasca pembelian. Pada tahap pengenalan
kebutuhan, motivasi utama konsumen ingin membeli produk Duta Elektronik Pagar
Alam adalah harga yang terjangkau, dan manfaat utama yang diinginkan adalah
sebagai kebutuhan rumah tangga. Pada tahap pencarian informasi, sumber utama
informasi konsumen adalah keluarga dan lainnya (informasi saat berada di toko), dan
fokus perhatian konsumen adalah harga. Pada tahap evaluasi alternatif, kebanyakan
konsumen memilih harga dan kualitas sebagai dasar pertimbangan saat akan
membeli produk dan menjadi prioritas utama konsumen dalam melakukan
pembelian.
References
Alma, Buchori. 2016. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT.Rineka Cipta.
Schiffman, L & LL. Kanuk. 2008. Perilaku Konsumen. Edisi Ketujuh. Cetakan Keempat.Jakarta: Indeks.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, danR&D. Bandung: Alfabeta.
Jurnal/Prosiding/Disertasi/Tesis/Skr -ipsi
Deviana Putri. 2019. Analisis Keputusan Pembelian Konsumen Ditinjau dari Kualitas Produk, Lokasi dan Promosi Terhadap Busana Batik di Pusat Grosir Solo.Edunomika – Vol. 03, No. 02 (Agustus 2019)
Jefri Yosafat. 2019. Analisis keputusan pembelian konsumen terhadap pembelian jeruk Kintamani di Kota Denpasar. Jurnal Rekayasadan Manajemen Agroindustri Vol. 7, No. 2, 311-320, Juni 2019.
Muzakar Isa. 2018. Analisis Keputusan Konsumen dalam Melakukan PembelianMakanan dan Minuman di Warung HK. DAYA SAING Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya Vol. 20, No. 1, Juni 2018
Pristiana Widyastuti. 2020. Analisis Keputusan Pembelian: Fenomena Panic Buying dan Servise Conveniece (Studi pada Grocery Store di DI Jakarta). Proceeding SENDIU 2020.
SB. Handayani. 2017. Analisa Keputusan Konsumen Warung Angkringan yang Dipengaruhi Lokasi, Fasilitas dan Kualitas Pelayanan. Jurnal Ekonomi Manajemen dan Akuntansi No. 43 / Th. XXIV / Oktober 2017.