PENGARUH TULISAN PERINGATAN KESEHATAN “HEALTH WARNING” DI KEMASAN PRINGLES TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN

Authors

  • Muhammad Haris Saputra Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Gadjah

DOI:

https://doi.org/10.54342/stie-je.v11i2.166

Keywords:

Pringles, Tulisan Peringatan kesehatan, Keputusan Pembelian

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari tulisan peringatan kesehatan “health warning” yang ada di kemasan pringles terhadap keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif data dikumpulkan melalui survei online kepada responden, dalam penentuan sampel menggunakan metode convenience sampling dimana metode ini membolehkan siapa saja yang akan menjadi responden tanpa ada kriteria tertentu, didapatlah total responden berjumlah 66 responden. Hasil dari penelitian ini adalah rata rata konsumen tidak mengetahui bahwa ada tulisan peringatan kesehatan di kemasan pringles sehingga tulisan Peringatan kesehatan tidak mempengaruhi konsumen untuk membeli pringles, responden mengetahui ada tulisan peringatan kesehatan ketika mengisi kuesioner. Setelah mengetahui ada tulisan peringatan kesehatan konsumen akan mempertimbangkan untuk membeli pringles. Pringles sudah menerapkan aturan yang ada dalam Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2012 tentang pangan. Saran yang diberikan penulis kepada pringles adalah menyampaikan kepada konsumen bahwa sudah memberikan peringatan kesehatan di kemasan. Karena ketika sudah memberikan tulisan peringatan kesehatan tetapi konsumen tidak tau tentu tidak akan mempengaruhi konsumen untuk membeli produk pringles.

References

Buku
Kotler, P., & Keller, K. . (2016). Marketing Management, (15 th Ed). Upper Saddle River, NJ.: Pearson Education Inc.Jurnal/Prosiding/Disertasi/Tesis/Skr -ipsi
Jones, S. C., & Gregory, P. (2010). Health Warning Labels on Alcohol Products—The Views of Australian University Students. Contemporary Drug Problems, 37(1), 109–137. https://doi.org/10.1177/009145091003700106
Jones, S. C., & Gregory, P. (2010). Health Warning Labels on Alcohol Products—The Views of Australian University Students. Contemporary Drug Problems, 37(1), 109–137. https://doi.org/10.1177/009145091003700106
Kotler, P., & Keller, K. . (2016). Marketing Management, (15 th Ed). Upper Saddle River, NJ.: Pearson Education Inc.Paton, B. N. (2020). NEWS NHS to pilot ‘ improved ’ occupational health as well as ‘ resilience hubs ’ skin cream and Rise in talking therapy referrals in England don ’ t offer skin cancer protection help.
Occupationalhealth&wellbeing.Strebel, J., & Terry, M. B. (2021). Alcohol, Binge Drinking, and Cancer Risk: Accelerating Public Health Messaging Through Countermarketing. American Journal of Public Health, 111(5), 812–814. https://doi.org/10.2105/ajph.2021.306233
Wahyu, A. (2019). Pengaruh Peringatan Bergambar pada Kemasan Rokok Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia). 8(5), 55.
Zuhdi, S., & Adihardyanto, B. (2018). Pengaruh Kemasan Produk Dan Label Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Researchgate.Net, September.

lain-lain
Undang Nomor 18 Tahun 2012 Kementrian Kesehatan tentang Pangan

Downloads

Published

2021-07-20

How to Cite

Saputra, M. H. (2021). PENGARUH TULISAN PERINGATAN KESEHATAN “HEALTH WARNING” DI KEMASAN PRINGLES TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN. Ekonomia, 11(2), 38–43. https://doi.org/10.54342/stie-je.v11i2.166

Issue

Section

Articles