PENERAPAN STRATEGI BAURAN PEMASARAN KERIPIK PISANG (STUDI KASUS UKM SELERAKU BANJARNEGARA)

Authors

  • Sarno Sarno Program Studi Agroindustri Politeknik Banjarnegara
  • Fanny Tri Raditya Program Studi Agroindustri Politeknik Banjarnegara

DOI:

https://doi.org/10.54342/stie-je.v11i2.165

Keywords:

Strategi, Bauran, Pemasaran, Produk, Keripik Pisang, Banjarnegara

Abstract

Tujuan penelitian adalah; a) mengetahui penerapan strategi bauran pemasaran; b)

mengetahui faktor-faktor yang mendukung dan menghambat strategi bauran

pemasaran keripik pisang dengan memperhatikan kondisi internal dan eksternal

usaha. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Participatory Action

Research (Penelitian Aksi Partisipatif) yang selanjutnya dianalisis secara deskriptif.

Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Analisis data yang

digunakan adalah analisis bauran pemasaran dan analisis SWOT (Strength,

Weakness, Opportunity, Threatment). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ; a)

Penerapan strategi bauran pemasaran meliputi strategi produk, strategi harga, strategi

tempat, dan strategi promosi; b) faktor kekuatan meliputi bahan baku melimpah,

motivasi usaha kuat, merk dagang, P-IRT, halal, kualitas produk, dan tingkat

keterampilan. Faktor kelemahan seperti akses pemasaran, kerjasama pemasaran,

jaringan distribusi, tingkat adopsi teknologi, dan permodalan; c) faktor yang menjadi

peluang meliputi diversifikasi produk, pemasaran online, kebutuhan konsumen, pasar

ekspor, dan pengembangan usaha. Faktor ancamannya perubahan selera konsumen,

persaingan pasar bebas, kebijakan impor, produk sejenis di pasar, dan produk

substitusi; d) posisi perusahaan berada pada Kuadran I progresif yang berarti

perusahaan dalam kondisi baik dan mantap. Strategi pengembangan bauran

pemasaran yang dapat dilakukan adalah mamanfaatkan keberadaan bahan baku

melimpah disertai adanya motivasi kuat, merk dagang, P-IRT, halal, kualitas produk,

tingkat keterampilan, untuk mengembangkan usaha dan memperluas pasar ekspor

dengan cara meningkatkan diversifikasi produk secara maksimal. Hasil produknya

dapat dipasarkan secara online sehingga dapat memenuhi kebutuhan konsumen

References

Buku
Badan Pusat Statistik, Kabupaten Banjarnegara. (2018). Kabupaten Banjarnegara Dalam Angka. Banjarnegara : BPS Press.
Gardjito, M., Saifudin, U., Utami, I. S., (2011). Penanganan Pasca Panen Buah-Buahan Tropis. Yogyakarta : Kanisius.
Rangkuti, F., (2014). TeknikMembedah Kasus BisnisAnalisis SWOT, CaraPerhitungan Bobot, Rating,dan OCAI. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Jurnal/Prosiding/Disertasi/Tesis/Skripsi
Agustiana, V., (2018). Pengaruh Marketing Mix (Bauran Pemasaran) Terhadap Keputusan Pembelian Produk Unggulan Keripik Pisang di Bandar Lampung (Studi Kasus Keripik Pisang A.J di Kawasan Sentra Industri Keripik Bandar Lampung). Thesis, Universitas Brawijaya. Retrieved from http://repository.ub.ac.id/id/eprint/10854
Amalia, A., (2016). Perencanaan Strategi Pemasaran Dengan Pendekatan Bauran Pemasaran dan SWOT Pada Perusahaan Popsy Tubby. Performa: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis. 1(3):297-306.Retrieved from https:// journal.uc.ac.id/ index.php/ performa/a rticle/view/172
Budiwati, H., (2012). Implementasi Marketing Mix dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Unggulan Keripik Pisang Agung di Kabupaten Lumajang. Jurnal WIGA.
2(2) : 29-44. https://doi.org/10.30741/wiga.v2i2.68
Cahyawati, N., Arifin, B.,Indriani, Y., (2020). Analisis Nilai Tambah Keripik PisangKepok dan Sistem Pemasaran Pisang Kepok (Musa Paradisiaca) di Kabupaten Pesawaran. JIIA. 8(1):,101-107.
http://dx.doi.org/10.23960/jiia.v8il.101-107
Darung, F., & Kristiane, V. (2020). Arsitektur Strategi Bisnis Dalam MeningkatkanKesejahteraan UKM Makanan Kecil Pada Masa Covid-19 di Kalimantan Tengah. Media Bina Ilmiah, 15 (1), 3815 -3821.
https://doi.org/10.33758/mbi.v15i1.653
Diniaty, D., & Agusrinal. (2014). Perancangan Strategi Pemasaran Pada Produk Anyaman Pandan. Jurnal Sains, Teknologi dan Industri. 11(2):175-184. http:// dx.doi.org/10.24014/ sitekin.v11i2.745
Garaika, & Yansahrita., (2020). Penerapan Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Produk Keripik Singkong Pedas Desa Keli Rejo Oku Timur. Jurnal Budimas. 2(1) : 43-49 http://dx.doi.org/10.29040/budimas.v2i1.1024
Haryanto, A.R., (2013). Strategi Promosi, Kualitas Produk, Kualitas Layanan TerhadapKepuasan Pelanggan Pada Restoran MC Donald’s Manado. Jurnal EMBA. 1(4) : 1465-1473. https://doi.org/10.35794/emba.vli4.2923
Haryono, H. (2014). Strategi Pemasaran Produk Garam Untuk Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Kasus di CV Mutiara Laut Biru Desa Randutatah Kec. Paiton, Kab. Probolinggo). ENERGY, 4(2). Retrieved from https:// ejournal.upm.ac.id/ index.php/energy/article/view/576
Hermawan, Haris, 2015. Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan, Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Dalam Pembelian Roti Ceria di Jember. Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia, 1(2):143-161 https://doi.org/10.32528/jmbi.v1i2.21
Indriastuti, I., Affandi, M.I., Indriani, Y., (2015). Strategi Pemasaran BerdasarkanPerilaku Pembelian Keripik Pisang di Kota Metro. JIIA. 3 (2):114-121. http:// dx.doi.org/ 10.23960/ jiia.v3i2.%25p
Iswan, I.T., (2013). Strategi Pengembangan Produktivitas dan Pemasaran Keripik Pisang BanaChips (Studi Eksperensial Pada Wirausaha Mahasiswa Agribisnis, Universitas Hasanuddin, Kota Makasar).
Skripsi, Universitas Hasanuddin. Retrieved from https://www.cousehero.com/file/36590205/keripilpisangdocx/
Jabbar, M.H.R.B.K.A., (2017). Analisis Model Bisnis Kanvas Geprek Express Samarinda. Jurnal Administrasi Bisnis, 5(2): 309-323. Retrieved from https://www.portal.fisipunmul.ac.id/ site/?p=5869
Kharisma, I., (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran (Produk, Harga, Tempat dan Promosi) Terhadap Keputusan Pembelian Keripik Pisang Mahameru (Studi Kasus di UKM Lumajang Store Dusun Krajan Kandangtepus Kec. Senduro Kab. Lumajang). Thesis, Universitas Brawijaya. Retrieved from http://repository.ub.ac.id/id/eprint/161849
Mustikowati, R. I., & Tysari, I.(2015). Orientasi Kewirausahaan, Inovasi, dan Strategi Bisnis Untuk Meningkatkan Kinerja Perusahaan (Studi Pada UKM Sentra Kabupaten Malang). Jurnal Ekonomi Modernisasi, 10 (1), 23-37. https:// doi.org/10.21067/ jem.v10i1.771
Nuraeni, L., & Harnanik, H. (2017). Strategi Bauran Pemasaran Usaha Kecil Keripik Bhineka di Desa Belendung Kecamatan Purwadadi Kabupaten Subang. Economic Education Analysis Journal, 6 (2), 647 - 655. Retrieved from https:// journal.unnes.ac.id/sju/ index.php/eeaj/article/view/16453
Putri, D. D., Mulyani, A., Satriani, R., (2012). Strategi Pemasaran Keripik Pisang Dalam Rangka Mencapai Ketahanan Pangan di Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas. SEPA. 8(2) : 162–167. https://doi.org/10.20961/sepa.v8i2.48863Rahmayati, H. M., 2015. Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Udang Beku PT Mustika Mina Nusa Aurora Tarakan, Kalimantan Utara. Jurnal
Galung Tropika. 4(1) : 60-67.http:dx.doi.org/10.31850/jgt.v4Ii.28
Rizal, S., Nawangsih., Irwanto. J., (2019). Analisis Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Keripik Pisang Burno Sari Lumajang. Jobman: Journal of Organization and Bussines Management. 2(1) : 81-84. Retrieved from https:// jkm.stiewidyagamalumajang.ac.id/index.php/jrm/article/view/257/199
Rukka, R.M., N. Busthanul, N. Fatonny, 2018. Strategi Pengembangan Bisnis Keripik Bayam (Amaranthus hybridus) dengan Pendekatan Business Model Canvas. JSEP 14 (1) : 41 – 54. https://doi.org/10.20956/jsep.v14i1.3622
Samsudin, M., Waluyo, M., (2021). Analisis Strategi Promosi Produk Kopi Tarik Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Pada Divisi Promosi Dengan Metode SWOT dan BCG di PT XYZ. Juminten : Jurnal
Manajemen Industri dan Teknologi. 2(2) : 144-155. Retrieved fromhttp://juminten.upnjatim.ac.id/index.php/juminten
Sarno., (2020). Strategi Pemasaran Terpadu Produk Tiwul Instan Kelompok Wanita Tani di Kabupaten Banjarnegara. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Purwokerto “Pembangunan Pertanian Berkelanjutan Dalam Perspektif Teknologi, Sosial, dan Ekonomi”. 230-243. http://digital.library.ump.ac.id/id/ eprint/995
Widyarini, I., Dindy, D.P., Karim, A.R., (2013). Peran Wanita Tani Dalam Pengembangan Usahatani Sayuran Organik dan Peningkatan Pendapatan Keluarga di Desa Melung Kecamatan Kedungbanteng. Jurnal Pembangunan Pedesaan. 13 (2) : 105 –110. Retrieved from http://jurnal.lppm.unsoed.ac.id/ojs/index.php/Pembangunan/article/view/194

Downloads

Published

2021-07-20

How to Cite

Sarno, S., & Raditya, F. T. (2021). PENERAPAN STRATEGI BAURAN PEMASARAN KERIPIK PISANG (STUDI KASUS UKM SELERAKU BANJARNEGARA). Ekonomia, 11(2), 20–37. https://doi.org/10.54342/stie-je.v11i2.165

Issue

Section

Articles