PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP PENGEMBANGAN USAHA KECIL DAN MENENGAH (UKM) PADA USAHA KERAJINAN TANGAN (HANDICRAFT) DISENTRA PRODUKSI RUMAH TANGGA KOTA PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.54342/stie-je.v11i2.164Keywords:
Marketing Mix, Pengembangan UKM, HandicraftAbstract
Tujuan Penelitian ini adalah Untuk mengetahui secara parsial dan Simultan pengaruh marketing mix (bauran pemasaran) terhadap usaha kerajinan tangan (handicraft) disentra produksi rumah tangga kota Palembang dan Untuk mengetahui pengaruh yang dominan di antara variabel marketing mix (bauran pemasaran) yang mempengaruhi usaha kerajinan tangan (handicraft) disentra produksi rumah tangga kota Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksploratif, dengan mewawancara, memberikan kuesioner, dan mengobservasi orang dan fenomena adalah tiga metode pengumpulan data yang utama dalam penelitian survei. Metode penelitian ini menggunakan objek penelitian Konsumen yang membeli handicraft Palembang yang berlokasi di Komplek Maskrebet Jln.Sedap Malam I Blok B.18 No.18 Palembang yaitu di“Yun Din Collection” Dalam melakukan penelitian agar tidak menyimpang dari permasalahan yang ada maka penulis menitikberatkan pembahasan pada pengaruh entrepreneut terhadap pengembangan UKM pada usaha kerajinan tangan (handicraft) di sektor produksi rumah tangga kota Palembang. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat baik dari segi teoritis maupun praktis. Dalam Teoritis Penelitian ini diharapkan dapat menambah pengetahuan mengenai perkembangan Usaha untuk kepentingan penelitian di masa yang akan datang dan bermanfaat bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan referensi untuk penelitian selanjutnya dengan tema yang sejenis. Sedangkan manfaat Praktis Bagi pengusaha, Penelitian ini diharapkan pengusaha dapat mengembangkan usahanya dengan baik dan dapat menerapkan bauran pemasaran dengan baik. Bagi Pengambil Kebijakan (Dinas UMKM) Penelitian ini diharapkan sebagai referensi dalam mengambil keputusan untuk memajukan Usaha kerajinan tangan (handicraft) disentra produksi rumah tangga kota Palembang
References
Alex, S, Nitisemito. 2012. Pengantar Marketing, , Ghalia Indonesia,.Amir, Dasar-dasar Pemasaran, Edisi tiga. Yogyakarta : Liberty.
Khotler, Philip. 2013. Manajemen Pemasaran, Erlangga, Jakarta,
Kotler, Philip dan AB. Susanto. 2012. Manajemen Pemasaran di Indonesia, Buku 2. Salemba Empat.
Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. 2013. Prinsip-Prinsip Pemasaran Jilid I Edisi 8. Erlangga : Jakarta.
Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. 2010 Dasar-dasar Pemasaran. Prenhallindo : Jakarta.
Swastha Dh, Basu. 2010. Azaz-azaz Marketing, Ghalia indonesia,
Swastha Dh, Basu dan Handoko, Hani. 2013. Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen, Edisi tiga. Yogyakarta : Liberty.
Jurnal/Prosiding/Disertasi/Tesis/Skripsi
Ade Letrio Putra.dan Eka Sulistyawat/2009, “Pengaruh Bauran Pema saran Jasa Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah PT. Pegadaian (Persero) Cabang Meng wi, Badung, Bali”
Nainggolan /2010, “Pengaruh kepuasan Konsumen terhadap pelaya nan pada Hotel Interna sional Sibayak Berastagi”