Perancangan Aplikasi Koperasi Online untuk Kelompok Tani Kopi Kota Pagar Alam

Authors

  • Heriansyah Heriansyah AMIK Lembah Dempo
  • Putri Maharani AMIK Lembah Dempo

Keywords:

Kopi Pagaralam, Koperasi Online, Sistem Koperasi

Abstract

Abstrak bahasa Indonesia ditulis 100 sampai dengan 150 kata. Kota Pagar Alam memiliki potensi yang besar pada sektorpertaniandan perkebunan. Sebagian besar masyarakat kota Pagar Alam bermata pencaharian sebagai petani dan karyawan pada perkebunan. Kota Pagar Alam terkenal dengan komoditi tanaman perkebunan yang utamanya adalah tanaman kopi. Luas perkebunan kopi berjumlah 8.323 ha dengan jumlah produksi 7.465,50 ton. Kopi yang banyak dibudidayakan di Pagar Alamadalah kopi jenis robusta yang ditanam secara terun menurun dari nenek moyang terdahulu. Sekarang sudah bayakkelompoktaniyang menjadi wadah bagi sesama petani kopi untuk bersilaturrahmi atau juga berbagi pengetahuan tentang tanaman kopi diantaranya kelompok tani Sumber Rejeki dan kelopoktani Harapan Jaya yang terletak di Desa Pematang Bango Kelurahan Curup Jare Kecamatan Pagar Alam Utara Kota Pagar Alam. Sistem penjualan hasil panen masih dikerjakan secara sendiri-sendiri. Tidak adanya wadah seperti koperasi yang dapat menampung hasil panen dan memasarkan tanaman kopi secara langsung ke produsen, sehingga membuat para petani kopi menjual hasil panen mereka kepada tengkulak yang ada dikota Pagar Alam. Para tengkulak tersebut kemudian mendistribusikan ke berbagai daerah disumatera, di beberapa kota tersebut kopi dari kota Pagar Alam kehilangan identitas dikarenakan sudah diolah maupun dicampur dengan jenis kopi dari daerah lain, sehingga banyak orang tidak mengetahui bahwa kota Pagar Alam merupakan penghasil  kopi  berkualitas. Diharapkan dengan adanya aplikasi  koperasi  online dapat mempermudah petani kopi untuk mengetahui harga kopi secara langsung dan mempermudah produsen kopi untuk membeli langsung hasil panen kopi ke petani kopi, sehingga dapat memutuskan rantai distribusi antara kelompok tani dengan produsen kopi, sehingga petani tidak lagi berharap pada daya beli tengkulak

References

AEKI. (2010). Analisis Potensi, Strategi Pengembangan, dan Road Map Perkopian Indonesia. Jakarta: PT. MITRACONPRIMA.
Al Fatah, H. (2007). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi untuk Keunggulan Perusahaan dan Organisasi Kelas Dunia. Yogyakarta: ANDI Offset.
Baswir, R. (2000). Koperasi Indonesia. Yogyakarta: BPFE UGM.
Date, C. (2004). Pengenalan Sistem Basis Data. Jakarta: GRAMEDIA.
H. M, J. (1999). Pengantar Komputer. Yogyakarta: Andi Offset.
Hakim, R. S. (2009). Mastering Java. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Haviluddin. (2011). Memahami Penggunaan UML (Unified Modelling Language). Jurnal Ilmiah INFORMATIKA Mulawarman, 1-15.
Iskandar, A., & Rangkuti, A. (2008). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN TUNAI PADA PT. KLATEN BERCAHAYA. Jurnal Basis Data, ICT Research Center UNAS, 124-131.
Kebudayaan, D. P. (1998). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Penerbit Balai Pustaka.
Kustiari, R. (2007). PERKEMBANGAN PASAR KOPI DUNIA DAN IMPLIKASINYA BAGI INDONESIA. Forum Penelitian Agro Ekonomi, 4355.
Peter, J. (2007, 11 27). XAMPP : Paket Apache, PHP dan MySQL Instant. Diambil kembali dari ilmukomputer.org: http://ilmukomputer.org/2007/11/27/xampppaket-apache-php-dan-mysqlinstant/
Ridwansyah. (2003). Pengolahan Kopi. Medan: Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara.
Sitio, A., & Halomoan, T. (2001). Koperasi : Teori dan Praktik. Jakarta: Erlangga.
Sulistyorini , P. (2009). Pemodelan Visual dengan MenggunakanUML dan Rational Rose. Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK Volume XIV, No.1, 23-29.
Suwartiningsih. (2015). IMPLEMENTASI PAR DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. JURNAL PARADIGMA, Volume 2, Nomor 1.
Winter, R. (1989). Learning from Experience: Principles and Practice in Action Research. London: Learning from Experience: Principles and Practice in Action Research.
Yudhaswana , Y., & Kalatiku, P. P. (2012). Desain Basis Data Sistem Informasi Akademik Di Fakultas Teknik Universitas Tadulako. Jurnal Ilmiah Foristek Vol.2, 190-194.
Yuliano, T. (2007). Komunitas eLearning IlmuKomputer.Com. Diambil kembali dari IlmuKomputer.Com: http://developer.wapblogku.com/content/triswanpengenalanphp.pdf
Jurnal Informatika

Downloads

Published

2019-05-11

Issue

Section

Articles